AMBON, Siwalimanews – Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Ambon Lisa Wattimena mengingatkan kepada para pengajar di PAUD agar bersikap ramah yang penyayang kepada para muridnya.

“Pengajar harus memiliki sikap ramah dan penyayang dan mampu memberikan motivasi anak dengan tulus,” pesan Wattimena ketika membuka bimtek peningkatan kapasitas pengelolaan dan manajemen lembaga PAUD yang berlangsung di aula PGSD Unpatti, kemarin.

Menurutnya pembangunan sumber daya manusia menjadi kunci kemajuan Indonesia di depan dan titik dimulainya pada kesehatan ibu dan bayi serta anak usia sekolah.

Untuk itu ia berharap pendidikan PAUD harus dilaksanakan secara holistik dan integratif yakni mengintegrasikan segala aspek dan nilai dalam pendidikan.

“Dengan peningkatan kapasitas ini diharapkan dapat memberikan bekal dan manfaat dalam tugas dan tanggung jawab sebagai pendidik di PAUD,” katanya.

Baca Juga: Unpatti Kembali Kukuhkan Delapan Guru Besar

Selain itu ia mengingatkan agar para pendidik juga dapat memberikan kesempatan kepada anak mengembangkan potensi yang dimiliki.

“Bapak ibu harus harus mampu membina dan membentuk karakter anak dengan metode knowing (pengetahuan), loving (mencintai) dan acting the good (melakukan kebaikan),” pesannya.

Pengajar harus memberikan pengalaman pembelajaran yang bersifat kongkret, kontekstual dan mampu merangsang siswa untuk belajar aktif, menyenangkan dan tanpa tekanan atau beban.

“Ini menjadi kunci bapak ibu pendidik sehingga harapan kita bersama menciptakan pendidikan holistik dan integratif dapat terwujud,” pintanya. (S-25)