TIAKUR, Siwalimanews – Bupati Maluku Barat Daya Benyamin Thomas Noach mengingatkan narkoba telah terbukti merusak masa depan.

Narkoba juga merusak karakter manusia, merusak fisik, mental dan kesehatan serta berpotensi besar mengganggu sistem tubuh dan otak manusia

“Kita harus berkomitmen bahwa narkoba dengan gaya merusak seperti ini tidak ada pilihan lain bagi kita untuk menyatakan perang terhadap narkoba,” kata noach dalam sambutan yang yang dibacakan Asisten Administrasi Umum MBD Y. Lelatobur, membuka kegiatan sosialisasi pencegahan, penyalahgunaan narkoba bagi generasi muda yang berlangsung aula Kantor Bupati, Jumat (1/12).

Menurutnya  perang terhadap narkoba merupakan kerja sama semua pihak untuk saling bergandengan tangan, saling membantu melawan.

“Kita harus bersama menata langka kita untuk mencegah penyalahgunaan narkoba secara lebih gencar yang terukur dan berkelanjutan,” tegasnya.

Baca Juga: Buntut Pengambilan Galian C, Warga Rohomoni Seruduk Rumah Raja

Selain itu perlu meningkatkan upaya terapi dan rehabilitasi pecandu narkoba dan korban penyalahgunaan narkoba.

Juga harus ada keberanian penegak hukum untuk bertindak efektif dalam pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

“Tangkap dan tindak tegas bandar narkoba, pengedar dan para pemakai narkoba di bumi Kalwedo ini,” ingatnya.

Dirinya juga meminta kepada aparat penegak hukum, forum kewaspadaan dini pemerintah daerah, komunitas intelijen daerah, TNI dan Polri meningkatkan kemampuan, men­deteksi dan peredaran narkoba di Kabupaten MBD.

“Perketat pengawasan pada lembaga pemasyarakatan yang bisa digunakan sebagai pusat peredaran gelap narkoba,” harapnya.

Untuk diketahui kegiatan ini diikuti 100 orang peserta yang terdiri dari kepegawaian pemda, Mahasis­wa dan unsur perwakilan pemuda serta tamu undangan lainya. (S-28)