AMBON, Siwalimanews – Menteri Sosial Juliari P. Batubara mengajak seluruh elemen mas­yarakat untuk mari berjuang me­lawan Covid-19

“Kalau dulu kita berjuang meng­angkat senjata, maka sekarang kita berjuang mela­wan berbagai per­masalahan bang­sa, seperti kemis­ki­nan, bencana alam, narkoba dan paham-paham radikal dan Covid-19,” jelas Mensos dalam sam­bu­tannya yang dibacakan Asisten I Tata Pemerintahan Setda Maluku, Franky Papilaya yang dipusatkan di halaman Kantor Gubernur Maluku, saat peringatan hari pahlawan di  lapangan apel Kantor Guberrnur Maluku, Selasa (10/11).

Menurut Batubara, saat ini semua dapat melaksanakan upa­cara bendera dan mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik, untuk memperingati hari pah­lawan 10 November 2020 dengan khidmat, meskipun di tengah masa pandemi covid ini.

“Hari pahlawan kiranya tidak hanya sekadar diingat pada setiap tanggal 10 November saja, namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan NKRI perlu terus dikenang sepanjang masa oleh semua,” jelas Batubara.

Meskipun dalam masa pandemi covid, kata Batubara, peringatan hari pahlawan tahun 2020 diharapkan tidak kehilangan makna.

Baca Juga: Brimob Maluku Baksos di Tempat Ibadah

Selain itu harus dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Nilai-nilai kepahlawanan seperti percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu, bergotong royong, perlu terus dirawat dan dipupuk agar dapat tumbuh bersemi didalam hati sanubari setiap rakyat Indonesia,” pinta Batubara.

Olehnya Batubara mengingatkan semangat kepahlawanan yang terus menyala, dapat dijadikan sebagai motor penggerak dalam upaya kita mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita pendiri negeri ini.

“Yakin apabila setiap anak bangsa Indonesia tertanam semangat dan nilai-nilai kepahlawanan tersebut. Mari tunjukkan kontribusi kita kepada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk menolong sesama, saling menghargai dan menghormati satu sama lain,” tandasnya.

Pada kesempatan itu Batubara juga mengimbau kepada seluruh rakyat Indonesia untuk berpartisipasi memperingati Hari Pahlawan Tahun 2020 sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan.

Sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers, kita Soekarno yang menyatakan bahwa “…hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar…”.

“Kita lanjutkan perjuangan para pahlawan dengan bersatu, bergotong royong mengisi kemerdekaan membangun negeri. Jangan sia-siakan perjuangan para pahlawan,” tegasnya. (S-39)