AMBON, Siwalimanews –  Kapolda Maluku Irjen Baharudin Djafar mencanangkan Desa Poka  sebagai kampung tangguh di kawasan Kecamatan Teluk Ambon.

Pencanangan kampung tangguh merupakan program yang digagas Kapolri dan Panglima TNI bertujuan untuk dapat menjawab permasalahan ditengah kondisi pandemi, dihadiri Walikota Ambon Richard Louhenapessy dan Forkompimda.

Kapolda berharap lewat pencanangan ini, masyarakat Desa Poka secara khusus dan Kota Ambon secara umum dapat bertahan ditengah pandemi Covid-19 serta roda pertumbuhan ekonomi tetap terjaga.

“Ini merupakan launching yang ke-6. Ini program Kapolri dan Panglima untuk mendukung masyarakat dalam menghadapi pandemi. Di Maluku, Kota Ambon jadi yang pertama sebelum Kota-kota lain,” ujar Kapolda.

Selain untuk mendukung pertubuhan ekonomi, momentum kampung tangguh juga sebagai sarana untuk para pimpinan mendekatkan diri dengan masyarakat secara langsung.

Baca Juga: Kampung Tangguh Diharapkan Perkuat Ketahanan Pangan

“Semakin banyak kampung yang didatangi, semakin banyak masyarakat yang merasakan kepedulian dan perhatian dari pemimpin kepada warganya. Launching kampung tangguh ini nampak sederhana dimata kita, tapi sangat berpengaruh dengan pertumbuhan ekonomi kita saat ini,” ujar Kapolda.

Walikota Ambon Richard Louhenapessy menambahkan, hingga saat ini sudah 11 desa di kota ini yang dicanangkan sebagai kampung tangguh. Dimana ada beberapa desa yang juga sementara disiapkan sebagai kampung tangguh dan hanya tinggal menanti waktu untuk dicanangkan saja.

“Kita harus tangguh dari segi kesehatan, ketahanan dan keamanan,” pungkas Walikota. (S-45)