AMBON, Siwalimanews – Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi seluruh penumpang KM Sinar Ai yang sempat mengalami mati mesin disekitar Laut Banda, Senin (27/12).

Kapala dengan 43 penumpang ini berangkat dari Pulau Naira menuju ke Pulau Ai  sempat melaporkan bahwa kapal tersebut mengalami mati mesin.

Kepala Kantor SAR Ambon Mustari dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Selasa (28/12) menjelaskan, informasi matinya mesin kapal ini diterima dari Babinsa Pulai Ai yang meresponnya dengan melaporkan kejadian tersebut ke Pos SAR Banda.

Informasi yang diterima koordinator Pos SAR Banda, kapal naas tersebut berangkat dari Pulau Naira tujuan Pulai Ai Pulau Banda Kababupaten Maluku Tengah sekitar pukul 12.30 WIT, namun sesampainya di belakang Pulau Gunung Api, kapal tersebut di hantam gelombang tinggi yg mengakibatkan rusaknya mesin utama.

“Kapal dengan panjang 12 meter berwarna putih tersebut, sempat terombang-ambing selama 2 jam, sebelum berhasil ditemukan tim SAR gabungan,” jelas Mustari.

Baca Juga: Masyarakat Waelesi Dapat Kado Natal dari Wakil Ketua DPRD Buru  

Tim SAR gabungan yang melibatkan Pos SAR Banda, Koramil Banda, TNI AL, dan masyarakat setempat yang menemukan kapal langsung mengambil langkah cepat dengan mengevakuasi seluruh penumpang.

Seleruh penumpang akhirnya berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat.

“Para penumpang seluruhnya berhasil dievakuasi dengan selamat, dengan demikian, operasi SAR dinyatakan selesai dan seluruh unsur SAR dikembalikan ke satuan masing-masing,” tutup Mustari. (S-45)