AMBON, Siwalimanews – Melihat Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-109 TA. 2020 Kodim 1506/Namlea sedang bekerja, warga masyarakat antusias membantu proses program kegiatan tersebut salah satunya kegiatan pembuatan drainase di Desa Batu Boy, Kecamatan Namlea, Kabupaten Buru, Rabu (25/9).

Penerangan Kodim 1506/Namlea dalam siaran peranya menjelaskan,  personil satgas TMMD dan masyarakat bersama-sama bekerja membantu melakukan pembuatan drainase.

“Kegiatan gotong-royong ini personil satgas TMMD merasa terbantu dan pekerjaan bisa tetap kami kerjakan secara maksimal,” jelas Pasiter Kodim, Kapten Inf Haris Tumenggung.

Pembuatan drainase ini ditargetkan selesai sesuai rencana. “Untuk itu, pekerjaan fisik tersebut terus dilaksa­nakan dengan rutin setiap harinya sampai dengan selesainya TMMD Ke-109 TA.2020,” ujar Pasiter Kodim.

Disuguhi Bubur

Baca Juga: Brimob Maluku Tingkatkan Patroli Dialogis

Dandim 1506/Namlea, Letkol.Arh Agus Guwandi,  mengaku senang personil TMMD ke 109 disambut hangat oleh masyarakat. Bahkan ada para ibu rumahtangga ikut turun tangan menyuguhi menu makanan bubur kacang hijau untuk penguat imun tubuh personil TMMD dan warga yang goyong royong mengerjakan proyek fisik pada setiap pagi.

“Asupan bubur kacang hijau ini juga sangat baik sebagai penambah stamina imun tubuh mengantisipasi pandemi Covid 19,” ujar Dandim 1506/Namlea, Letkol Arh Agus Guwandi, kepada awak media, Sabtu (26/9).

Menurut Agus Guwandi, asupan maknan bernutrisi, yang mengandung vitamin, banyak terdapat pada kacang hijau. “Bubur kacang hijau juga sangat baik untuk menambah stamina imun anggota, pagi hari personil di suguhi bubur kacang hijau, oleh ibu-ibu di lokasi TMMD,” tambahkan Agus Guwandi senang.

Seperti tadi pagi di Desa Siahoni, Kecamatan Namlea, Kabupaten Buru, saat personil TMMD dan kaum lelaki lagi mengasoh, datang beberapa ibu rumahtangga yang terlihat membagi-bagikan menu bubur kacang hijau.

Ibu Ani mengaku kalau bubur kacang hijau ini  beberapa ibu memasaknya di pagi hari, sehingga saat disantap di waktu rehat , buburnya sangat layak jadi menu penambah gizi.”Untuk menambah stamina bapak bapak yang telah bekerja berat,”ucap ibu Ani.

“Bubur kacang hijau dan ekstra puding telur untuk menjaga stamina personil TMMD agar tetap prima setiap harinya,”timpal pak Umasugi.

Pelaksanaan TMMD ke 109 di Kabupaten Buru telah memasuki hari ke-5 setelah dibuka oleh bupati Ramly Ibrahim Umasugi tanggal 22 September lalu.

Kegiatan terpusat pada Desa Batuboy, Siahoni dan Sanleko di Kecamatan Namlea. (S-31)