AMBON, Siwalimanews – Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif memimpin pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas bagi 305 personil Polda Maluku yang akan mengikuti sekolah inspektur polisi tahun 2022.

Kapolda dalam arahannya, minta kepada anggotanya yang akan mengikuti SIP untuk menghindari praktik KKN dalam seluruh rangkaian seleksi nanti.

“Sebagai anggota Polri, jangan pernah mencoba melakukan penyimpangan. Lakukan pekerjaan dengan benar, jujur dan objektif serta tidak melakukan KKN,” tegas kapolda.

Menurutnya penandatanganan pakta integritas antara peserta dan panitia, perlu dilaksanakan bersama untuk membangun sistem, dan mekanisme seleksi yang bersih, transparan, akuntabel, humanis clear and clean.

Kenapa ini perlu dilakukan katanya,  agar agar bisa menghasilkan anggota yang unggul dan kompetitif dan dapat dipercaya, sekaligus mempersiapkan kebutuhan SDM Polri.

Baca Juga: Pedagang di Aru Terima Bantuan dari Kemendag

“Panitia dan peserta seleksi yang telah diambil sumpah senantiasa selalu menjaga integritas sebagai anggota Polri. Hilangkan dan cegah sedini mungkin adanya anggapan negatif yang beredar di internal polri, maupun masyarakat tentang tahapan seleksi,” katanya.

Selain itu, mantan kapolda NTT juga meminta kepada bawahannya untuk melakukan kolaborasi dan komunikasi baik antara panitia dan pengawas, dalam penyelenggaraan SIP angkatan ke 51. “Ini dilakukan agar tahapan seleksi dapat berjalan dengan baik sesuai harapan,” pesannya. (S-45)