AMBON, Siwalimanews – Anggota DPRD Provinsi Maluku dapil Kabupaten Seram Bagian Timur, Alimudin Kolatlena mengingatkan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Maluku untuk mencurahkan perhatian bagi pendidikan di SBT.

Peringatan ini disampaikan Kolatlena kepada Siwalima, Rabu (4/8) menanggapi pernyataan Plt Kadis Pendidikan, Insun Sangaji yang mengatakan jika pembangunan sekolah di SBT tidak memperhitungkan tenaga pendidik.

“Soal pernyataan Kadis Pendidikan terkait dengan pembangunan sekolah-sekolah di Kabupaten SBT itu dilakukan tidak memperhitungkan dan mempertimbangkan tenaga pendidik, kita minta Kadis perhatikan juga,” ujar Kolatlena.

Dijelaskan, pembangunan begitu banyak sekolah di Kabupaten SBT merupakan kebijakan pemerintah daerah dan inisiatif masyarakat setempat karena letak geografis daerah yang cukup sulit.

Dengan adanya pernyataan Kadis Pendidikan tersebut maka secara tidak langsung pemerintah Provinsi Maluku melalu dinas memiliki  pekerjaan rumah besar untuk melakukan distribusi tenaga pengajar.

Baca Juga: Maluku Bangga

Ditegaskan, jika Kadis Pendidikan telah melakukan pemetaan persoalan pendidikan di sebelas kabupaten dan kota khususnya SBT maka hal itu harus menjadi perhatian serius.

Artinya Dinas Pendidikan Maluku harus melakukan langkah konkret untuk menyelesaikan persoalan di Kabupaten SBT agar tidak menjadi persoalan yang berlarut-larut dan dikeluhkan.

“Kalau sudah tahu maka harus ada tindakan yang lebih nyata untuk mengurangi persoalan pendidikan di SBT,” tegasnya.

Lantas, Politisi Gerindra ini meminta perhatian serius kadis pendidikan soal pengembang pendidikan di SBT khususnya SMA dan SMK. (S-50)