AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kota Ambon menyiapkan anggaran Rp2,2 miliar dari dana alokasi khusus namun hingga kini jalan di Gadihu dan Warasia dan Lorong Putri tak kunjung.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Ambon, Melianus Latuihamallo mengaku dengan anggaran sebesar itu tak hanya diprioritaskan pada jalan di dusun itu saja, namun ada dua jalan tambahan yang dikerjakan dengan menggunakan anggaran tersebut.

“Jadi itu ada dua ruas, Gadihu dan Warasia, tapi ada bikin perubahan untuk masuk juga ke Lorong Putri,” kata Latuihamallo kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Rabu (4/8).

Dirinya merincikan proses pekerjaan jalan dengan panjang 2,3 km dan penambahan 700 meter untuk Lorong Putri.

Untuk proses pengerjaan sendiri tidak akan memakan waktu lama, apabila cuaca bersahabat.

Baca Juga: Razia GB, Polisi Musnahkan 25 Bak Rendaman Emas Ilegal

“Pengerjaan aspal itu kan, kalau cuaca baik, seminggu pengerjaannya sudah bisa selesai,” tandasnya.

Tak Setahun

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Ambon, Melianus Latuihamallo menjanjikan pengerjaan jalan Gadihu Indah, Negeri Batu Merah, Kecamatan Sirimau, tidak memakan waktu sampai setahun.

“Seminggu atau sebulan sudah selesai. Pekerjaan ini sepaket dengan kawasan turun-turun Jalan Wara,” kata Latui­hamallo, kepada wartawanm di Ambon, Rabu (28/7).

Diakuinya, saat proses pengerjaan jalan tersebut sedang berlangsung. Dan perbaikan itu telah berlangsung pada beberapa hari yang lalu, dengan sistem kerja kroyokan atau dipercepat dirinya memastikan takan memakan waktu yang lama.

Diakuinya, pengerjaan dua ruas jalan ini sudah sedikit terlambat. Sebab kontrak pekerjaan sudah diharuskan berlangsung sejak Bulan Juni 2021 kemarin.

“Ini sebenarnya terlambat. Mestinya sudah dikerjakan pada bulan kemarin, karena kontraknya sudah satu bulan lalu,” ungkapnya. (S-52)