AMBON, Siwalimanews – Si jago merah menghabis­kan satu unit rumah dinas Perum Bulog di kawasan Gudang Bulog Air Salobar, RT001/02, Kelurahan Nusa­niwe, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

Kebakaran itu terjadi pada Minggu (6/8) malam, rumah dinas ini dulunya sebagai ruang ganti fasilitas lapang­an tenis.

Tak hanya satu unit ba­ngu­nan tersebut, si jago merah juga beraksi membakar dua unit mobil yang terparkir di sekitar bangunan itu.

Kasi Humas Polresta Ambon, Ipda Jane Luhukay kepada wartawan di Mapol­resta, Senin (7/8) menjelas­kan, berdasarkan keterangan saksi Isak Roni Manuhutu (43) yang merupakan buruh pada Gudang Bulog, sesaat sebelum kejadian, saksi ber­sama rekan kerja di gudang serta beberapa teman lainnya duduk nongkrong di pos pengamanan bagian depan pintu masuk.

Kemudian dirinya mening­galkan rekan-rekannya dan masuk kedalam rumah yang jaraknya sekitar 30 meter untuk makan.  Usai makan, saksi sempat berbaring di dalam rumah. Saksi kaget mendengar bunyi percikan pada dinding dapur, sehingga ia terbangun dan melihat nyala api sementara membakar terminal listrik dan dinding yang terbuat dari tripleks.

Baca Juga: Uluputty: Regulasi Picu LIN dan ANP Batal

“Melihat adanya sumber api dari dinding dapur, saksi dengan spontan keluar matikan  handel gardu PLN, na­mun nyala api yang sudah membesar sulit dikendalikan dan membakar bangunan tersebut,” kata Luhukay.

Guna menyelamatkan diri, saksi kemudian berlari ke pos peng­amanan bagian depan, memanggil rekan-rekannya untuk memadamkan api secara manual.

Kobaran api juga terlihat meng­hanguskan dua mobil masing-masing, Toyota Avanza  dengan nomor Polisi DE 1735 AC dan mobil jenis Kijang 2000 dengan nomor polisi DE 1408 AL yang terparkir di samping bangunan tersebut

“Saksi dan rekan-rekannya sempat mencoba memadamkan api secara ma­nual, namun tidak berhasil, sehingga mereka lalu menghubungi pihak pema­dam kebakaran,” beber Ipda Jane.

Berselang beberapa saat, 4 unit mobil Damkar Kota Ambon disusul personel Polsek Nusaniwe tiba di TKP dan memadamkan api. Si jago merah berhasil dipadamkan pada pukul 20.15 WIT.

Beruntung tidak ada korban jiwa da­lam insiden ini. Kerugian yang dia­lami hanya kerugian materil berupa 1 unit bagunan bekas ruang ganti lapa­ngan tenis Bulog dan dua unit mobil.

“Tidak ada korban jiwa, untuk penyebabnya sendiri masih diseli­diki,” ujarnya. (S-10)