MASOHI, Siwalimanews – Bakal Calon Bupati Maluku Tengah Muhamat Marasabessy semakin serius menghimpun kekuatan politik untuk memastikan maju di Pilkada bulan November nanti.

Keseriusan itu terlihat jelas, dimana mantan Pj Bupati Malteng itu kembali mengambil formulir di Partai Solidaritas Indonesia serta mendaftar di Partai Nasdem, Selasa (7/5) malam.

Pendaftaran yang dikuasakan ke sejumlah tokoh muda Malteng itu diantaranya Marthin Soparue, Tonsi Ubyaan, Roni Uryaan dan Swengly Payara.

“Sejak awal telah kami katakan pak Muhamat Marasabessy serius untuk maju di Pilkada Malteng. Hari ini kami datang ke PSI dan Nasdem bermaksud mendaftar dan mengambil formulir,” ucap Ubyaan kepada wartawan di Sekretariat PSI.

Tiba di PSI rombongan tim Marasabessy disambut hangat Peiter Talaksoru selaku Ketua Tim Penjaringan bacalkada. Proses pengambilan formulir berjalan lancar hingga proses pengembalian berkas di Partai Nasdem.

Baca Juga: MDR Ingin Satu Perahu Dengan Gerindra dan PDIP

Talaksoru menjamin proses penjaringan bacalkada di PSI akan berjalan proposional dan objektif.

“Kami berharap nantinya melalui kandidat balon bupati proses pengambilan dapat dilakukan. Kami pastikan proses akan berjalan objektif, transparan dan proporsional. PSI tidak akan menyampingkan balon manapun, silahkan berproses, nantinya DPP akan menilai dan memutuskan kelayakan seluruh bakal calon,” tandas Talaksoru.

Usai mengambil formulir pendaftaran Bacalkada di PSI rombongan tim Marasabessy itupun bertandang ke Partai Nasdem.

Di Nasdem Marasabessy tercatat sebagai balon bupati terakhir yang menutup rangkaian penjaringan partai besutan Surya Paloh itu.

Ketua tim penjaringan Partai Nasdem Sufyan Marasabessy dan seluruh tim penjaringan menyambut hangat Ubyaan dan rombongan. Proses pendaftaran di Nasdem juga berjala lancar.

Kepada wartawan dan tim penjaringan, ubyaan menyebutkan Marasabessy memiliki semangat restorasi yang sama dengan Partai Nasdem.

“Beliau punya semangat yang senafas dengan Nasdem untuk  melalukan restorasi yang fundamental di wilayah Malteng,” ucapnya.

Dikatakan  Marasabessy bukan pendatang baru di Maluku. Beliau adalah anak adat, anak asli Maluku Tengah yang punya komitmen kuat untuk membangun bumi Pamahanu-Nusa.

“Beliau anak adat, anak asli Maluku Tengah. Tipikal beliau membangun dan merangkul dan tidak melupakan budi baik semua orang. Kami berharap Nasdem objektif dan memutuskan dukungan ke kandidat pemimpin yang tepat. Rasanya paket lengkap itu ada di Muhamat Marasabessy,” tandasnya.

Ketua tim penjaringan, Sufyan Marasabessy memastikan Partai Nasdem tidak sembarangan memutuskan ketetapan dukungan politik kepada kandidat tertentu. Partai Nasdem akan secara objektif memutuskan dukungan politik ke kandidat yang tepat dengan standar penilaian yang objektif.

“Hari ini kita secara resmi menutup semua proses penjaringan Bacalkada Malteng. Tercatat ada 3 balon bupati termasuk pak Mat Marasabessy. Selanjutnya hasil penjaringan ini akan disampaikan ke DPP untuk memutuskan, kami perlu menegaskan Partai Nasdem objektif dan proporsional memutuskan dukungan politik ke kandidat yang tepat,” tegasnya.(S-17)