MASOHI, Siwalimanews –  Dalam rangka memenuhi amanat instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor: 70 tahun 2021 tentang Penyusunan Dokumen Rencana Pembangunan Daerah Terhadap Masa Jabatan Kepala Daerah  yang berakhir pada tahun 2022.

Rapat konsultasi publik yang berlangsung di Baileo Soerkano Masohi, Selasa kemarin, dibuka secara langsung oleh Bupati Mateng Tuasikal Abua.

Tuasikal dalam sambutannya mengatakan, konsultasi publik adalah momentum rangkaian penyusunan rencana pembangunan yang selanjutnya menjadi pedoman dalam peryusunan dokumen rencana pembengunan daerah dan instrumen penilaian kinerja pembengunan.

“Rencana Pembangunan Daerah Kabupaten Malteng tahun 2023-2026 mengacu pada visi dan misi daerah yang tertuang dalam RPJPD Kabupaten Malteng tahun 2005-2025, dan dijabarkan dalam wujud tujuan, sasaran, strategl, kebijaian, dan program prioritas yeng memiliki daya yang besar terhadap pencapaian target pembangunan daerah,” ujar Abua.

Melalui RPD, kata Abua nantinya akan menentukan langkah-langkah perubahan menuju cita-cita bersama mewujudkan Malteng yang maju, mandiri, dan berkeadilan.

Baca Juga: Jaksa Surati Pemkot Minta Hadirkan Ririmase

“Kita wujudkan Malteng yang lebih maju dan diperhitungkan di Indonesia timur. Maju di bidang pendidikan dan kesehatan, maju dalam perekonomian, maju dalam tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik, maju dalam sarana prasarana wilayah, maju dalam bidang pemuda, olahraga, dan seni budaya,” ujarnya.

Kedepan kata Abua, Malteng harus maju dan mandiri sebagai kabupaten kepulauan, yang masyarakatnya memiliki kepribadian dan jati diri yang tangguh, mampu mendayagunakan segenap potensi dan kekuatan sendiri untuk maju.

“selain itu juga memberikan harapan yang lebih baik dalam pembangunan yang lebih merata, baik antar wilayah dan antar kelompok, dengan masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, bebas berekspresi dan berapresiasi secara bertanggung jawab, sehingga tercipta suatu tatanan kehidupan masyarakat yang tentram, rukun, dan toleran,” harap Abua. (S-17)