AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kabupaten Buru Selatan diingatkan untuk lebih intensif mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok di tengah-tengah masyarakat.

Desakan ini disampaikan anggota DPRD Provinsi Maluku dapil Kabupaten Buru Selatan Michelle Tasane kepada Siwalimanews, Rabu (16/3) merespon kenaikan beberapa bahan pokok yang terjadi di sejumlah pasar di Namrole.

Ia mengaku, data harga barang dipasar baik lokal maupun modern mengalami kenaikan seperti cabai rawit, bawang merang, bawang putih maupun bahan pokok lainnya.

Atas permasalahan ini, Disperindag Buru Selatan harus mengambil langkah cepat dan terukur dengan melakukan koordinasi dengan semua pemangku kepentingan, termasuk para distributor agar dapat mencegah kenaikan harga barang yang cukup signifikan.

“Memang berdasarkan informasi beberapa harga barang di beberapa pasar mengalami kenaikan harga dan karena itu Dinas terkait harus mengambil langkah cepat untuk menekan harga barang,” tegas Tasane.

Baca Juga: Kajati: Ada Pelanggaran Hukum di Kasus Pengadaan Lahan RSUD Tual

Apalagi kata Tasane, dalam beberapa pekan kedepan umat Muslim di seluruh tanah air memasuki bulan Ramadhan kemudian berlanjut ke Idul Fitri, sehingga Pemkab Barsel harus memastikan seluruh harga kebutuhan pokok terkontrol sehingga dapat dijangkau oleh masyarakat.

“Memang saat ini curah hujan pada beberapa tempat cukup tinggi, sehingga berpengaruh pada stok ketersediaan barang, tetapi mesti ada langkah-langkah konkrit untuk menekan, minimal dengan memperbanyak stok agar dapat menurunkan harga,” ucap Tasane. (S-20)