JAKARTA, Siwalimanews –  Mantan Kapolres Ambon Kombes Didik Agung Widjanarko, masuk dalam jajaran tiga besar petinggi Polri yang lolos seleksi uji kompetensi, untuk menduduki jabatan Direktur Penyidikan (Dirdik) Komisi Pemberantasan Korupsi.

Mantan Kabid Humas Polda Maluku, Kapolres Pulau Ambon dan Kapolres Seram Bagian Barat ini, lolos seleksi uji kompetensi asesmen bersama dua pejabat polisi lainnya yakni Brigjen Setyo Budiyanto (Plt Dirdik KPK) dan Kombes Nazirwan Adji Wibowo (Widyaiswara Muda Sespimti Polri).

“Dari 10 kandidat, tiga petinggi polisi ini dinyatakan lolos ke tahap selanjutnya yaitu tes kesehatan serta wawancara dan presentasi makalah terkait visi misi pencegahan dan pemberantasan korupsi pada 23-24 Juli 2020,” jelas juru bicara KPK, Ali Fikri dalam keterangan persnya di gedung KPK kemarin.

Menurut Fikri, peran aktif masyarakat sangat diperlukan dalam memberikan rekam jejak calon sebagai upaya menemukan pejabat yang berintegritas dan profesional.

Seluruh tahapan seleksi jabatan struktural ini akan dilaksanakan dengan tahapan dan cara sebagaimana seleksi jabatan struktural di KPK pada tahun dan periode sebelumnya.

Baca Juga: Longsor di Seith, Akses Jalan ke Negeri Lima Seith Terputus

“Tahapan seleksinya secara paralel dilakukan tes asesmen oleh pihak ketiga yang independen, kemudian tes kesehatan dan terakhir wawancara dengan pimpinan,” tandas Fikri.

Fikri juga mengungkapkan bahwa, dalam waktu yang bersamaan, KPK juga membuka seleksi untuk jabatan Direktur Pengolahan Informasi dan Data, Direktur Pengaduan Masyarakat dan Koordinator Wilayah.

Dari enam kandidat, dua calon dinyatakan lolos ke tahap berikutnya sebagai Direktur Pinda, yakni Riki Arif Gunawan dan Indira Malik. Sedangkan dari 26 kandidat Direktur Dumas, terdapat empat orang yang lolos ke tahapan selanjutnya yaitu Kunto Ariawan, Tessa Mahardhika Sugiarto, Andre Dedy Nainggolan dan Tomi Murtomo.

Dari 64 kandidat Koorwil yang lanjut ke tahapan berikutnya hanya 18 orang ialah Aida Ratna Zulaiha, Budi Waluya, Sugiarto, Dian Patria, dan Asep Rahmat Suwandha, Muchamad Soffan Hadi, Agung Yudha Wibowo, Bernard Sibarani, Aminudin dan Rufriyanto Maulana Yusuf.

Selanjutnya, Bahtiar Ujang Purnomo, Febrianto Nugroho, Prabawa Widi Nugroho, Jefri Silitonga, dan Turman Sormin Siregar, Kumbul Kuswijayanto Sudjadi, Yudhiawan dan R Pitra Andrias Ratulangie.

“Untuk Direktur Pengaduan Masyarakat tes kesehatan akan dilakukan pada 28 Juli 2020 dilanjutkan dengan wawancara pada 29 Juli 2020. Sementara tes wawancara Koorwil 30 Juli dan 3-4 Agustus 2020,” tutupnya. (S-21)