AMBON, Siwalimanews – Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, maka Satuan Brimob Polda Maluku melakukan sterilisasi di Masjid Alim Pattimura, Kapahaha dengan cairan disinfektan, Rabu (22/7).

Penyemprotan ini dilakukan oleh Brimob Kompi 4 Batalyon A Pelopor yang dipimpin Bripka F Haurisa. Kegiatan seperti ini dilaksanakan secara rutin, mengingat siklus meningkatnya pasien positif Covid-19 di Maluku terus alami kenaikan.

Menindak lanjuti hal itu Brimob Kompi 4 A pelopor terus beroperasi menyemprot masjid-masjid seputaran Rayonisasi Kompi 4 Batalyon A Pelopor guna mencegah penyebaran Covid 19.

Sasaran penyemprotan adalah object yang sering disentuh jama’ah seperti tempat Whudu’, Mimbar Khatib, pintu, pagar, dinding dan tiang-tiang senderan serta toilet dan seputaran lingkungan masjid lainya.

Komandan Satuan Brimob Polda Maluku Kombes M Guntur, melalui Danki 4 mengatakan, penyemprotan cairan disinfektan ini dikenal cukup ampuh dalam penanganan virus untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan masyarakat.

Baca Juga: Walikota: Inpres Soal Denda tak Pakai Masker Sedang Disiapkan

“Kami berharap ada kepedulian dan peran aktif masyarakat untuk memproteksi diri,” pintanya.

Selain itu Dansat juga menghimbau kepada masyarakat agar kemanapun berpergian tetap menggunakan masker, dan menerapkan physical distancing dalam era adaptasi dengan kebiasan baru.

Ia juga mengajak masyarakat untuk memulai kegiatan seperti ini di lingkungan masing-masing. Langkah positif seperti ini juga sangat sejalan dengan program pemerintah dalam penanganan wabah ini.

Kegiatan yang sama juga dilakukan oleh 10 personil Subden 3 KBR dibawah pimpinan Pasie Ops Detasemen Gegana Ipda A Manullang di sejumlah tempat-tempat umum dan lokasi karantina.

Pasie Ops Detasemen Gegana Ipda A Manullang mengatakan, penyemprotan cairan disinfektan kali ini dilakukan di sejumlah pangkalan ojek dan halte di dalam kota, mini market, lapak pedagang di Pasar Tagalaya, pemukiman penduduk dan lapak PKL di Talake Dalam, pemukiman penduduk dan lapak PKL di Waihaong, emperan pertokoan di Jalan AY Patty serta lapangan merdeka serta penginapan Garuda In yang merupakan lokasi karantina.

“Kegiatan kali ini berjalan lancar dan aman serta disambut baik oleh masyarakat dimana anggotanya melakukan penyemprotan cairan disinfektan,” tandas Manullang. (S-45)