AMBON, Siwalimanews – Operasi Simpatik dengan sandi Salawaku 2023 akan digelar di seluruh polres jajaran di bawah Polda Maluku secara serentak.

Target operasi ini sendiri untuk memberikan jaminan mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (Kamseltibcar) lalu lintas.

Persiapan dilakukan gelar operasi ini sendiri berlangsung di Rupatama Markas Polda Maluku, Selasa (15/8) yang dibuka Karo Ops Polda Maluku yang diwakili Kabag Dal Ops AKBP Legawa Utama.

Dalam arahannya, Legawa mengatakan operasi Salawaku yang merupakan operasi kepolisian terpusat, bertujuan untuk memberikan kesadaran bagi masyarakat tentang pentingnya kepatuhan berlalu lintas.

“Kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas di jalan raya menjadi perhatian Polri,” terangnya ketika membacakan sambutan Karo Ops.

Baca Juga: Produk Lokal UMKM Penuhi Pameran Pembangunan 

Selain itu juga operasi Simpatik Salawaku 2023 sebagai upaya cipta kondisi untuk terjaganya Kamseltibcar lalu lintas di wilayah Maluku.

“Direktur Lalu Lintas Polda Maluku dan satuan lalu lintas Polresta maupun Polres jajaran ini akan didukung oleh Satker fungsi Ops di Polda Maluku dan jajaran yang akan menjalankan operasi ini,” jelasnya.

Operasi simpatik juga akan dilaksanakan dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif, kegiatan Gakkum hanya berupa teguran lisan.

Ia mengatakan, dalam pentahapan suatu operasi senantiasa didahului oleh pelatihan seperti yang dilaksanakan saat ini.

“Tujuannya selain untuk menyiapkan dan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia Polri yang akan mengawasi operasi, juga untuk meningkatkan sinergitas tugas,” tandasnya.

Menurutnya hal itu dilakukan sehingga terciptanya kesamaan visi, misi dan persepsi bagi semua pelaksana.

“Guna mendapatkan hasil yang maksimal, hendaknya personil dapat mengikuti kegiatan ini dengan seksama dan penuh rasa tanggung jawab,” pintanya. (S-10)