AMBON, Siwalimanews – Plt Kepala Bagian Kesejahteraan (Kesra) masyarakat Fenly Masawoy menjelaskan, saat ini pemkot sementara menginvetarisir sejumlah proposal yang masuk dari panitia Idul Adha di Kota Ambon.

“Kita sementara invetarisir jumlah proposal permintaan hewan qurban, karena sudah ada permintaan dari beberapa Panitia Idul Adha 1441 H,”  ungkap Masawoy kepada Siwalimanews di Balai Kota, Rabu (22/7).

Menurutya, dalam suasana pandemi saat ini penyembelihan hingga penyaluran daging qurban, harus mengikuti protokol kesehatan. Untuk itu, pemkot akan minta panitia untuk sesuaikan dengan surat  edaran dari Kementerian Agama RI tentang Pelaksanaan Ibadah Idul Adha dan Surat Edaran dari Dirjen Peternakan terkait Tata cara Penyembelihan Hewan Qurban.

“Penyembelihan hewan qurban nanti, sesuai agenda yang ada, akan berjalan sesuai protokol kesehatan serta anggaran yang tersedia,” jelas Masawoy.

Pemkot juga akan berkoordinasi dengan Kanwil Kemenag Maluku maupun Kota Ambon untuk bersama-sama turun melakukan sosialisasi ke masjid-masjid serta Panitia Idul Adha agar dalam pelaksanaan penyembelihan serta penyaluran daging qurban harus terapkan protokol kesehatan.

Baca Juga: Wattimury Minta Masyarakat Disiplin Saat PSBB Transisi

“Sosialisasi ini akan kita lakukan sebelum Idul Adha, agar prosesnya nanti harus terapkan protokol kesehatan seperti setiap petugas wajib menerapkan jaga jarak, memakai masker dan sebagainya. (Mg-5)