AMBON, Siwalimanews – Maluku berada diperingkat 30 per­olehan medali pada pekan olahraga nasional XX di Papua dari 34 provinsi.

Perolehan medali sementara ter­banyak dipengang oleh DKI Jakarta dengan 29 emas, 15 perak dan 20 perunggu, tempat kedua di tuan ru­mah dengan 17 emas, 5 perak dan 13 perunggu, di tempat ketiga ada Jawa Barat dengan 11 emas, 15 perak dan 25 perunggu.

Sementara kontingan Provinsi Maluku dibawa kepemimpinan Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno hanya menempati urutan ke-30 de­ngan 2 perunggu.

Provinsi Maluku hanya meng­ungguli Provinsi Kepulauan Riau de­ngan 1 perunggu dan Sulawesi Barat 1 perunggu. Sedangkan Bang­ka Belitung dan Kalimantan Utara belum meraih medali di PON XX.

Kontingen Provinsi Maluku berharap penambahan medali dari cabang dayung. Sejumlah pedayung Maluku melaju ke final nomor rowing yang berlangsung di Teluk Youtefa, Kota Jayapura, Papua, Senin (4/10).

Baca Juga: Sejumlah Pedayung Maluku Melaju ke Final PON XX Papua

Pedayung Maluku memastikan tampil di final nomor rowing single scull ringan putri, rowing double scull open putra dan rowing quadruple scull open putri.

Chelsea Corputty yang turun di rowing single scull ringan putri menempati peringkat 2 dalan race untuk menentukan jalur final.

Chelsea yang perahunya sempat ditabrak oleh atlet Papua saat latihan berhasil membukukan catatan waktu 08:32.298 menit. Ia berada di belakang Mutiara Rahma Putri (Jambi) 08:28.368 menit dan di depan Anggi Widiarti (Jawa Barat) 08:48.661 menit.

Tiket final juga dipastikan oleh Arni S Pattipeiluhu/Maria F Bahy/Issa Behuku/Chelsea Corputty di nomor rowing quadruple scull open putri. Keempatnya berhasil finish dengan catatan waktu 07:28.643 menit.

Sementara Issa Behuku berhasil lolos ke semifinal nomor rowing single scull open putri. Di heat 1, Issa finish di urutan kedua dengan catatan waktu 08:42.712 menit. Ia berada di belakang Julianti (Sulawesi Tenggara) 08:35.292 menit dan Dewi Purwanti (Jawa Barat) 08.55.224 menit.

Humas KONI Provinsi Maluku, Izaac Tulalessy dalam keterangannya, Senin (4/10) menjelaskan, ketiga nomor final tersebut akan berlangsung Kamis 7 Oktober, sementara semifinal nomor rowing single scull open putri akan berlangsung Rabu (6/10).

“Para pedayung Maluku juga akan tampil di sejumlah nomor yang baru akan dipertandingkan Selasa (5/10),” jelasnya. (S-39)