AMBON, Siwalimanews – Joung Ambon FC yang dipimpin oleh Rony Sapulette resmi menjadi salah satu clup sepak bola asal Kota Ambon.

Launching Joung Ambon FC dilakukan oleh Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler yang ditandai dengan pelepalan balon ke udara yang di pusatkan di Lapangan Merdeka, Kamis (15/4).

Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler berharap clup sepak bola dibawa arahan Rony Sapulette tidak mati suri tetapi berkembang jauh lebih baik.

“Kita berharap clup ini tumbuh dan kembangkan di kota ini dan berkembang jauh lebih baik sebagaimana harapan kita bersama. Dan dengan launchingnya ini Jong Ambon FC membuktikan bahwa roh sepak bola di kota ini akan bangkit,” kata Hadler dalam sambutannya.

Diakuinya, untuk menumbuh-kembangkan sepak bola di tanah raja-raja ini, butuh biaya yang tak sedikit. Oleh sebab tu dirinya juga meminta para pemangku kewena­ngan serta stakeholder dapat be­-kerja sama merakit mimpi pesepak bola muda yang ada di Maluku terlebih lagi di Kota Ambon.

“Karena itu seluruh stakeholder harus itu bersama-sama membantu mendukung untuk kita mengembangkan sepak bola di Kota Ambon,” pintanya.

Sementara itu, ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Sofian Lestaluhu memiliki harapan besar dengan adanya club ini, dapat memberi harapan baru bagi pesepak bola yang ada di Kota tercinta ini.

“Kita sudah memberikan dorongan untuk klub sepak bola dan calon anggota untuk menggiatkan bibit calon pesepak bola,” ungkapnya.

Tak hanya itu, dirinya mengapresiasi langkah luar biasa yang dilakukan oleh Rony Sapulette sebagai pendiri club. Dirinya mengharapkan dari sanalah bibit-bibit unggul dapat dibekali hingga dapat masuk ke rana liga yang lebih tinggi.

“Apresiasi bagi bung Rhons dan ini bagian skenario Allah. Karena PSA Ambon tetap ada dan didukung yang lain,” tandasnya.

Presiden Jong Ambon FC  Rony Sapulette menambahkan kalau dirinya berjanji spirit yang dimiliki club yang dibangunnya tidak akan mati suri seperti yang kainnya namun akan terus menajak.

“Kita sebagai anak negri punya tanggungjawab. Jong Ambon tidak kalah dari Maluku FC,” ungkapnya.

Tak hanya itu, mengawali jenjang karir club ini, mereka akan diikut sertakan dalam kompetisi under-17 (U-7). Oleh sebab itu persiapan secara dini telah dilakukan untuk melahirkan bibit-bibit unggul pada cabang olahraga ini. “Kita sebentar punya bus dan ambulans. Akan mengikuti kompetisi U-17 dan liga 3. Fokus membentuk anak-anak Dalam waktu dekat akan dilakukan seleksi Raja Isak dari Malaysia, mantan pemain nasional. Ketua timsel. Pelatih Gafar Lestaluhu,” ungkapnya.

Diakuinya sampai dengan saat ini anggota club yang dimiliki sudah tujuh orang, sekarang sementara dibuka pendaftaran untuk nantinya akan dilakukan proses seleksi. (S-52)