AMBON, Siwalimanews – Kontingen dari Kepulauan Tanimbar siap merebut medali di 10 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Popmal nanti.

Ketua KONI Kepulauan Tanimbar Rano Titirloby menjelaskan pihaknya menyiapkan atlet bertanding di 10 cabor, masing-masing bola Voly, Karate, Tinju, Silat, Taekondow, Wushu, Panahan, Atletik, Renang dan e-Sport (Olaraga Baru : Mobile Legend, PUBG).

“Kita hanya ikut 10 cabor dari 17 Cabor yang disiapkan dalam Popmal,” jelas Rano kepada Siwalima saat dikonfirmasi melalui telpon selulernya Rabu (2/10).

Ia mengaku seluruh atlet sudah dipersiapkan dengan baik sebelum nantinya akan diberangkatkan ke Kota Ambon termasuk medical kesehatan yang menjadi syarat utama.

Terhadap target medali sendiri menurutnya untuk masing-masing cabor akan ditentukan dalam beberapa hari kedepan setelah semua kesiapan dirampungkan.

Baca Juga: 469 Atlet Kota Ambon Siap Ikut Popmal

Sementara untuk tinju, karate, silat diprediksi bisa meraih medali emas sebanyak empat hingga lima medali,’ tegasnya.

Ditambahkan total kontingen yang akan diberangkatkan ke Kota Ambon pekan depan sebanyak 190 orang baik itu atlet, pelatih maupun offisial tim

“Tim akan kita berangkatkan tanggal 11 November dengan menggunakan kapal Sabuk Nusantara 71,” ungkapnya.

Disingung tentang dukungan anggaran, Rano memastikan kalau pihaknya mendapatkan bantuan sebesar Rp3,5 miliar, dan kontingen akan dipimpin Sekda Ruben Moriolkossu, sementara Penjabat Bupati Daniel Indey sebagai tamu kehormatan.

“Kami ucapkan terima kasih untuk Pemda dan DPRD yang telah mengakomodir anggaran bagi KONI untuk hadapi Popmal,” ucapnya. (Mg-1)