AMBON, Siwalimanews – Desa Poka atau lebih dikenal dengan nama Depok bisa menjadi salah satu lokasi pembangunan stadion bola kaki milik Pemerintah Kota Ambon.

Kepala Bappekot Ambon, Enricho Matitaputty mengatakan untuk pembangunan stadion dan asrama bagi atlet dan ruang publik dibutuhkan lahan seluas 5 hektar.

“Ini sementara kita cari lahannya. Ada beberapa alternatif ingin katong lihat di Desa Poka Kecamatan Teluk Ambon, mudah-mudahan ada supaya aksesnya juga mudah, dekat dengan Jembatan Merah Putih (JMP) dan sebagainya, katong lagi jajaki,” akuinya.

Dalam perencanaan kedepan menurutnya, kedua venue ini bakal dibangun berdekatan, sebab parkiran hanya satu kawasan, tidak lagi ada tambahan bagi lahan parkir.

“Berhubungan juga itu musik dan olahraga, bisa jadi satu parkiran saja. Itu rencananya,” jelasnya.

Namun untuk merealisasikan rencana itu kata Matitaputty, Pemkot Ambon saat ini tidak memiliki lahan yang seluas itu. Maka diperlukan pengadaan lahan dan anggaran yang tidak kecil. “Pak Walikota sementara lakukan lobi dengan pemerintah pusat soal itu. Katong berharap goal dan keduanya bisa dibangun sama-sama dengan APBN. Entah kapan, tapi harapannya begitu. Kita sudah siapkan pra desainnya, kalau sudah ada lampu hijau dari pusat baru jalan,” pungkasnya. (S-52)