AMBON, Siwalimanews – Kapolda Maluku, Irjen Refdi Andri mengingatkan jajarannya tentang pentingnya keterbukaan dalam pe­laksanaan audit.

“Saya minta agar ada keterbukaan dalam pelaksanaan audit ini sehi­ngga semua yang masih belum sem­purna dapat diperbaiki dan disem­purnakan dengan cepat agar kita tidak dianggap ceroboh dalam pe­nggunaan anggaran,” ungkap Ka­pol­da saat membuka taklimat awal wasrik audit kinerja Itwasda Maluku tahap 2 tahun 2021 tentang aspek pe­laksanaan dan pengendalian, di ruang rapat utama Mapolda Maluku, Senin (4/10).

Polda Maluku dinobatkan sebagai pengelola anggaran keuangan ter­baik di jajaran Polri.

Perolehan tersebut diperoleh setelah Mabes Polri mengeluarkan surat asisten perencanaan berdasarkan hasil peninjauan yang dilakukan tim audit Itwasum Mabes Polri.

Karena itu, Mantan Kakorlantas Polri ini mengajak seluruh jajaran Polda Maluku, agar terus berkomitmen untuk melakukan yang terbaik, dengan meluruskan yang bengkok dan melengkapi yang masih kurang dengan bekerja secara profesional.

Baca Juga: Hari Ini UKIM Pilih Rektor Baru

Kata Kapolda, predikat pengelolaan anggaran keuangan yang dinyatakan sangat baik ini, merupakan hasil yang harus dipertahankan.

“Predikat pengelolaan anggaran keuangan yang dinyatakan sangat baik ini, merupakan hasil dan predikat yang harus dipertahankan, karena dari sekian banyak polda saat ini, Polda Maluku lah yang dinyatakan terbaik berdasarkan surat asisten perencanaan Mabes Polri,” tegas Kapolda.

Selain keberhasilan yang diraih Polda Maluku tersebut, masih terdapat sejumlah temuan yang menjadi catatan untuk diperbaiki.

Kapolda mengingatkan jajarannya agar temuan yang sifatnya berulang saat pemeriksaan tim audit Itwasum Mabes Polri, agar segera dibenahi dengan cepat.

“Semua ini harus diawali dari perencanaan yang baik, sehingga tidak ada pengeluaran anggaran yang tidak bisa dipertanggung jawabkan,” pinta Kapolda.

Untuk diketahui, dalam taklimat awal tersebut, dihadiri seluruh pejabat utama Polda Maluku, para auditor, Irbid, perwira pemeriksa Itwasda Maluku dan para kapolres jajaran yang mengikuti rangkaian kegiatan secara virtual.(S-45)