AMBON, Siwalimanews – Untuk mengantisipasi penyebaran virus corona, Dinas Kesehatan  (Dinkes) Kota Ambon melakukan sosialisasi pada lembaga pendidikan.

Menurut Kadis Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy, sosialisasi virus corona telah dilakukan pihaknya dan saat in akan masuk ke lembaga pendidikan.

Pelupessy kepada wartawan, Jumat (6/3) menjelaskan, sosialisasi ini dilaksakan untuk semua sekolah dari SD sampai SMA.

“Kita sudah sosialisasi di seluruh sekolah yang ada di wilayah Kecamatan Nusaniwe, mulai dari SD sampai dengan SMA,” katanya.

Selain Kecamatan Nusaniwe, sosialisasi juga akan dilaksanakan di 112 sekolah yang berlokasi pada Kecamatan Sirimau.

Baca Juga: Wabah Virus Corona Pengaruhi Ekspor Ikan Maluku

Pelupessy menjelaskan, kegiatan sosialisasi yang dilakukan ini bersama dengan dinas kesehatan Provinsi dan juga Unicef.

“Setelah proses sosilisasi selesai dilaksanakan pada seluruh sekolah yang berada di Kecamatan Nusaniwa, sosialisasi selanjutnya akan dilaksanakan di 112 sekolah yang berada di Kecamatan Sirimau,” katanya.

Untuk melaksanakan sosialisasi tersebut, lanjutnya, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dan melakukan bimbingan teknis bersama dengan Dinkes Maluku dan Unicef.

Dinkes Kota Ambon, katanya, akan menjelaskan kepada para pelajar tentang penggunaan masker maupun prosedur mencuci tangan.

“Kita sampaikan kepada anak-anak sekolah tentang penggunaan masker. Masker itu digunakan untuk orang yang sakit bukan orang yang sehat, kemudian juga bagaimana kita memperagakan cara menggunakan masker yang benar. Terus bagaimana mengantisipasi dengan cuci tangan pake sabun yang bersih. Dan ini anak-anak sekolah rata-rata mereka sudah tahu karena ini sudah seringkali di sosialisasi dan mereka sudah memperagakan sendiri,” jelasnya.

Pelupessy berharap, kegiatan sosialisasi ini dapat selesai dalam minggu ini, serta masyarakat juga tidak menimbulkan kepanikan terkait virus corona.

Ia mengingatkan kepada Masyarakat untuk selalu mencuci tangan dan menjaga imunitas tubuh.

“Diharapkan tidak menimbulkan kepanikan di masyarakat, serta harus selalu ingat mencuci tangan pake air bersih dan sabun di air mengalir yang kedua adalah bagaimana kita menaikkan imunitas tubuh kita untuk bisa meningkatkan imun menolak terhadap virus corona,” harapnya. (Mg-6)