AMBON, Siwalimanews – Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar minta seluruh jajarannya untuk meningkatkan disiplin.

Salah satu bentuk disiplin yang menjadi atensi kapolda yakni anggota yang meninggalkan tugas dalam waktu lama atau yang disebut disersi harus ditindak tegas dalam bentuk pemecatan.

“Saat ini masih ada anggota kita yang mangkir dan disersi dari satuannya, olehnya itu saya minta Kabid Propam agar ditindak lanjuti dengan tegas, jika tidak bisa dibina, maka kita pecat saja agar tidak menular ke anggota lain. Prinsipnya disiplin harus jadi nomor satu,” tegas kapolda saat memimpin apel perdananya sejak menjabat sebagai Kapolda Maluku di Lapangan Upacara Letkol CH Tahapari Tantui Ambon, Senin (9/3).

Selain disersi, Kapolda juga mengajak anggotanya untuk menghindari tindakan kriminal yang dapat mencoreng tugas polisi sebagi penegak hukum.

“Jika saat ini masih ada anggota yang suka pukul istri, narkoba, mabuk, judi dan kejahatan atau pelanggaran lain, maka anggota tersebut telah menista dirinya sendiri, bagaimana masyarakat akan percaya kepada kita (polisi) kalau kita sendiri masih seperti itu,” ujarnya.

Baca Juga: Illegal Logging di Serut, Jaksa Panggil Lagi Sadli

Untuk mencegah segala bentuk disersi atau tindakan kriminal yang dilakukan anggota Polisi, Kapolda menginstruksikan pejabat/atasan ditiap satuan untuk lebih memperhatikan anak buahnya dalam segi disiplin.

“Tidak ada yang bisa diambil oleh seorang pimpinan kecuali ambil tanggungjawab atas bawahannya, bahkan saya pun jika selama kepemimpinan melakukan kesalahan, maka saya siap bertanggungjawab secara undang-undang maupun kepada Yang Maha Kuasa. Jadi jangan sampai ada anggotanya yang tidak masuk kantor, namun komandannya atau perwiranya tidak tahu, mari kita tampilkan teladan yang baik dengan memperlihatkan kinerja kita yang terbaik kepada masyarakat,” humbaunya. (S-45)