AMBON, Siwalimanews – Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) R.I, Jhonny G. Plate mendatakan, ada tiga hal yang merupakan substansi makna kebangkitan nasional yang harus dipertahankan dan diaktualisasikan lintas Generasi. Yang senantiasa diterapkan dalam kerangka dinamis sesuai konteks kemajuan zaman.

“Perhimpunan Budi Oetomo meletakan dasar-dasar kebangkitan nasional bagi bangsa Indonesia. Tiga hal penting yaitu, Cita-cita untuk memerdekakan cita-cita kemanusiaan, kedua, memajukan nusa dan bangsa; serta ketiga, mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermanfaat di mata dunia,” ungkap Jhonny, dalam sambutannya saat Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS) ke-113, yang dilakukan jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku, yang diikuti mengikuti Upacara secara daring melalui kanal streaming Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Kamis (21/5).

Upacara yang dipimpin oleh Menkoninfo itu disaksikan diseluruh Indonesia, termasuk jajaran Kemenkumham melalui daring dikarenakan situasi Pandemik Covid-19 yang masih mewabah.

Di Aula Kanwil Kemenkumham Maluku, hadir Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Maluku, Andi Nurka, Kepala Divisi (Kadiv) Administrasi, Agung Rektono Seto, Kadiv Imigrasi, Muh. Yani Firdaus beserta jajaran di Kanwil Kemenkumham Maluku.

Selanjutnya Menkoinfo mengatakan, Peringatan Harkitnas tahun ini mengusung tema bangkit kita bangsa yang tangguh, mengingatkan kita untuk selalu optimistis menghadapi masa depan serta menuntut kita untuk bisa menghadapi semua tantangan dan persoalan bersama-sama sebagai pewaris ketangguhan bangsa ini.

Baca Juga: Sibu-Sibu dan Arika Mahina Gelar Bastori Manyanyi Kenang Pattimura

“Tangguh yang paling utama saat ini adalah adanya kebersamaan untuk memulihkan ekonomi Nasio­nal, dan peluang yang dimanfaatkan adalah ekonomi digital. Peningkatan jumlah transaksi melalui e-commerce juga tidak terlepas dari kebijakan pe­merintah dalam mendorong akse­ptasi digital kepada masyarakat, serta terus mengakselerasi perkem­bangan fintech dan digital banking.” tambah Jhonny

Di akhir sambutan nya Menko­minfo kembali mengingatkan untuk tetap semangat bergerak sebagai bangsa, dengan tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras dan go­longan. Guna meraih mimpi bangsa Indonesia untuk akselerasi memacu ekonomi dan kemajuan peradaban sebagai simbol kebangkitan bangsa menuju Indonesia Digital, Semakin Digital semakin Maju. (S-16)