AMBON, Siwalimanews – Pier. E Mahulette diangkat sebagai Direktur Umum dan Esterlina Nirahua sebagai Komisaris Independen Bank Maluku Malut. Menurut Komisaris Utama Bank Maluku Malut, MAS Latuconsina, Mahulette dan Niarahua telah melalui proses fit and proper test oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Calon Direktur Umum Pir Mahulette dan Aperteny Haulussy dan sudah diputuskan di RUPS dan sudah disampaikan ke OJK, dan selanjutnya diproses fit and propert test nya termasuk calon independen yaitu, Esterlina Nirahua. Tiga  orang ini sudah fit and propert test di OJK, fit dan proper test nya sudah selesai, dan hasil fit sudah diterima oleh kami dan setelah dikonfirmasi oleh OJK, yang dinyatakan bisa diangkat jadi Direktur Umum adalah Pir E Mahulette, Aperteny ditolak oleh OJK, RUPS akang datang dipastikan bahwa Direktur Umum PT Bank Maluku dan Malut yang baru adalah Pier  Mahulette dan Komisaris Independen yang baru adalah Esterlina Nirahua,” jelas Latuconsina dalam keterangan persnya kepada wartawan di ruang pertemuan Lantai IV Bank Maluku Malut, Senin (21/12) didampingi Direktur Utama, Burhanudin Waliulu, Direktur Pemasaran Yetty Lukur, Direktur Kepatuhan Abidin, serta komisaris H. Nadjib Bachmid.

Dengan demikian, kata Latuconsina, dewan komisaris dan direksi PT Bank Maluku Malut sudah lengkap.  “Kita sudah lengkap tinggal satu saja komisaris independen, karena sebelumnya kami usulkan Ali Banjar ternyata oleh OJK dianggap belum memenuhi syarat untuk diangkat sebagai Komisaris Independen, sehingga yang bersangkutan diberikan waktu untuk nanti diusulkan lagi 6 bulan,” jelas Latuconsina.

Untuk menetapkan Esterlina Nirahua dan Pier Mahulette maka akan dilaksanakan RUPS Luar Biasa tanggal 28 Desember, dan karena kondisi covid dan kesibukan akhir tahun pemegang saham, karena pemegang saham kami kepala-kepala daerah dan menjelang akhir tahun sangat sibuk, sehingga direncanakan RUPS akan digelar dua kali,” ujar Latuconsina.

RUPSLB, lanjut Latuconsina akan digelar dua kali yaitu, RUPS sirkuler dimana pihaknya akan membuat konsep untuk menetapkan Mahulette dan Nirahua.

Baca Juga: Bupati SBB Raih Penghargaan dari SIWO PWI Pusat

“Jadi ini tinggal penetapan saja melalui RUPS sirkuler, kami akan ketemu dengan pak gubernur untuk meminta persetujuan dan jika gubernur setujui berarti Selasa (22/12) dokumen-dokumen sirkuler ini akan dikirim ke pemegang saham di masing-masing kabupaten/kota baik Maluku maupun Maluku Utara untuk mendapatkan persetujuan,” ujarnya.

Dan RUPS Sirkuler ini harus mendapatkan persetujuan dari 100 persen pemegang saham, “ kami kejar sehingga sampai tanggal 28 Desember komposisi kepengurus PT Bank Maluku Malut bisa terisi semua,” tuturnya sembari menambahkan pada RUPS berikutnya tahun depan akan diajukan surat permohonan pengunduran diri Direktur Utama Bank Maluku Malut, Burhanudin Waliulu dan mengajukan calon penganti.

Ketika ditanyakan calon penganti Burhanudin, Latuconsina mengatakan, ditetapkan dari luar Bank Maluku Malut. “Orangnya dari luar,” ujarnya. (S-19)