AMBON, Siwalimanews – Dinas Kelautan dan Perikanan Maluku menyiapkan 2,5 ton ikan cakalang dan tuna untuk dibagikan kepada masyarakat yang akan merayakan Natal dan Tahun Baru di tiga lokasi.

Tiga lokasi yang akan mendapatkan jatah ikan secara gratis dari pemerintah jelang Natal yakni Pohon Mangga bagi basudara Kristen, Ahuru, dekat Gereja Santo Yosep dan pengungsi Wairuhu Passo.

“Seperti perayaan Idul Fitri kemarin kita bagikan ikan di tiga titik dan sekarang untuk perayaan Natal juga kita bagikan di tiga titik sebanyak 2, 5 ton,” kata Kadis Kelautan dan Perikanan Maluku, Abdul Haris kepada Siwalima, Senin (21/12).

Menurutnya proses pembagian ikan ini peruntukan bagi basudara yang akan merayakan Natal.

“Jadi besok pagi (hari ini-red) kita mulai membagikan di tiga titik secara gratis dan tidak semua masyarakat secara umum dapat tetapi mereka yang sangat membuhkan akan diberikan atau kagetori miskin,” jelas Haris.

Baca Juga: Bocah 4 Tahun Ditemukan Meninggal di Perairan Tulehu

Diakui memang jumlah ikan yang akan diberikan tidak banyak tetapi jangan dilihat dari berapa besar jumlah yang diberikan.

“Ini ketulusan dari pemerintah membantu meringankan beban masyarakat yang sebentar lagi merayakan Natal,” tandasnya.

Ditambahkan masyarakat yang akan menerima pemberian ikan ini sendiri sudah di data melalui RT dan kepala desa setempat yang menyatakan

DKP Bagikan

Sebelumnya diberitakan, DKP Maluku membagikan 2,5 ton ikan tuna dan cakalang disertai masker gratis gratis kepada masyarakat di tiga kelurahan di Kota Ambon.

Pembagian ikan dan masker ini diperuntukan bagi masyarakat yang terdampak Covid-19, khususnya warga muslim yang akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

“Total yang kita bagikan kepada masyarakat ikan tuna dan cakalang sebanyak 2,5 ton disertai ribuan masker,” ujar Kadis Kelautan dan Perikanan Maluku, Abdul Haris kepada wartawan disela-sela pembagian ikan gratis di Kawasan Pohon Mangga, Keluarahan Nusaniwe, Kecamatan Nusaniwe, Jumat (22/5).

Dikatakan, tiga kelurahan yang mendapatkan jatah pembagian ikan dan masker gratis ini adalah Kelurahan Nusaniwe, Kelurahan Waihaong dan Kelurahan Tihu tepatnya di Dusun Taeno, Desa Rumatiga, Kecamatan Teluk Ambon.

Di kawasan Pohon Mangga, pembagian ikan tuna dan cakalang kurang lebih 500 ekor dan 300 masker. Sedangkan di Kelurahan Tihu, Dusun Taeno sebanyak 400 ekor ikan sementara Kelurahan Waihaong 600 ekor dan 350 masker.

“Ini memang tidak sebanding tetapi kami dari dinas mencoba berbagi kepada masyarakat yang terdampak Covid-19,” ujarnya.

Dijelaskan, setiap menjelang perayaan hari besar keagamaan, DKP selalu mengelar pasar murah ikan kepada masyarakat.

Ikan-ikan yang disediakan dibeli terlebih dahulu dari nelayan dan pembidudaya.

“Ikan yang kami beli kami jual kembali kepada masyarakat pada saat menjelang hari besar keagamaan seperti Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru. Tahun ini di masa pandemi tentunya kita tidak mungkin melakukankan pasar murah, jadi kita bagikan secara gratis,” jelasnya.

Ia berharap, dengan pembagian ikan ini juga, mudah-mudahan bisa membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 agar dapat merayakan Idul Fitri yang dengan ketersediaan makanan, terutama ikan.

Pasalnya, di saat pandemi, harus komusmi ikan yang banyak agar  sehat dan dapat meningkatkan imunitas tubuh. Sebelum melakukan pembagian, pihaknya sudah melalukan koordinasi dengan pihak kelurahan untuk mendata warga guna mendapatkan ikan secara gratis.

“Teknisnya kita lakukan koordinasi dengan pihak kelurahan untuk data jumlah warganya dan diharuskan bagi warga yang selama ini tidak mendapatkan bantuan dari pihak lain. Jangan sampai dobel, kita upayakan yang belum dapat kita berikan,” tandasnya. (S-39)