AMBON, Siwalimanews – Amrullah, bocah perempuan berusia 4 tahun yang tenggelam saat mandi di Pantai Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Minggu (20/12) ditemukan, Senin (21/12) dalam kondisi meninggal dunia.

Korban ditemukan di perairan Desa Tulehu dengan posisi terapung oleh tim SAR dan dibantu masyarakat.

“Tadi pagi sekitar pukul 10.38 WIT kita lanjutkan pencarian. Jadi tim dibantu masyarakat melakukan penyelaman dan snorkeling disekitar lokasi kejadian. Sekitar pukul 15.40 WIT tim dapat info dari Polsek Salahutu bahwa korban ditemukan di perairan Tulehu, sehingga tim langsung bergerak menuju lokasi penemuan untuk memastikan dan melakukan evakuasi,” jelas Kepala Kantor Pencarian dan pertolongan Ambon Djunaidi.

Kata Djunaidi, ketika tim tiba di lokasi penemuan keluarga korban memastikan kalau yang ditemukan adalah Amrullah bocah 4 tahun yang tengelam di Liang. “Kita kemudian evakuasi janazah korban ke rumah duka,” ungkap Djunaidi.

Dengan ditemukan korban, maka operasi pencarian terhadap warga yang hilang setelah berenang di Desa Liang resmi ditutup.

Baca Juga: Penyebaran Pinjaman Rp 700 Miliar Dinilai tak Adil

“Kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang ikut membantu melakukan proses pencarian. Operasi ini resmi kami tutup,” tandasnya.

Bocah 4 Tahun

Sebelumnya diberitakan, Pantai Akipai Dusun Wainuru, Desa Liang, Kabupaten Malteng makan korban. Amrullah bocah 4 tahun tenggelam saat mandi di pantai tersebut, Minggu (20/12) sekitar pukul 09.00 WIT.

Tenggelamnya korban awalnya dilaporkan oleh personil Polsek Salahutu yang diterima Kantor Basarnas Ambon pada pukul 10.30 WIT.

“Kita dapat laporan ada warga tenggelam ketika mandi, tim SAR langsung kita terjunkan ke lokasi kejadian untuk melakukan pencarian,” jelas Kepala Basarnas Ambon Djunaidi dalam keterangan persnya kepada wartawan.

Djunaidi menjelaskan, proses pencarian korban dibantu oleh aparat Polsek Salahutu, anggota Koramil Salahutu, dan personil TNI AL di lokasi yang diduga awal korban tengelam.

Selain itu kata Djunaidi, personel yang melakukan pencarian cukup banyak, termasuk warga setempat dan orang tua korban. “Kita perkirakan korban tenggelam di posisi 3° 30’20.803  S-128° 20’ 39.793  E atau jarak ke LKK : ± 31 KM atau 50° Arah Timur Laut dari Kansar Ambon. Sampai saat ini, korban belum ditemukan,” ungkap Djunaidi. (S-39)