AMBON, Siwalimanews – Sebagai bentuk partisipasi dalam mendukung penyelanggaraan Pemilu 2024 mendatang, maka LPP RRI Ambon menggelar talkshow tentang gerakan cerdas memilih.

Kegiatan yang mengusung tema Pemilih Cerdas Untuk Indonesia Maju itu berlangsung di Swisbell Hotel Ambon, Rabu (31/5) melibatkan kurang lebih 100 peserta dari kalangan pelajar, baik siswa maupun siswi, serta mahasiswa semester awal dari beberapa sekolah dan universitas di Kota Ambon.

Untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman bagi Pemilih Pemula tentang Pemilu, RRI juga menghadirkan lima narasumber masing-masing, Ketua KPU Maluku Syamsul R Kubangun, Koordinator Devisi Penanganan Pelanggaran Data dan Informasi Bawaslu Maluku Thomas T Wakanno, Ketua KPID Maluku Mutiara D Utama, Plt Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Ambon Hanny Tamtelahitu dan Dekan Fakultas Hukum Unpatti R J Akyuwen.

Kepala LPP RRI Ambon Apral Miswirawan mengatakan, ini bagian dari peran RRI untuk melakukan tugasnya sebagai edukasi bagi pemilih pemula.

“Jadi selain pemberitaan informasi, RRI juga melaksanakan edukasi dalam rangka prioritas nasional, yaitu turut mensukseskan Pemilu 2024, dimana RRI juga memiliki peran untuk melakukan sosialisasi seperti yang dilakukan ini,” ujarnya.

Baca Juga: Polisi Tetapkan 8 Tersangka di Kasus Pengadaan Kapal SBB

Ia mengaku, kegiatan ini dilakukan serentak di 72 satker di seluruh Indonesia. Tujuan dari kegiatan ini sendiri, untuk memberikan pemahaman bagi mahasiswa dan pelajar sebagai pemilih pemula, bagaimana proses pemilihan dalam Pemilu nanti dan juga disadari, bahwa Pemilu itu tidak hanya milik orang tua, tetapi juga bagi pelajar yang sebenarnya adalah sebagai penerus dan kelangsungan bangsa ini.

“Jadi, proses demokrasi itu harus diketahui. Dengan itu, RRI telah  mengimplementasikan tugasnya sebagai lembaga penyiaran publik dan peran edukasi kepada generasi muda, maka Pemilu 2024 nanti, harus diikuti oleh seluruh elemen masyarakat,” ujarnya.

RRI Ambon kata dia, akan melaksanakan beberapa kali kegiatan dimaksud dengan sasaran yang berbeda, seperti nantinya akan dilaksanakan juga di Lapas Ambon, dan rangkaian kegiatan lainnya yang dikemas dalam bentuk dialog.

Sementara itu, sebagai Penyelanggara Pemilu, Ketua KPU Provinsi Maluku menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan dimaksud. Pasalnya, apa yang dilakukan RRI sebagai bentuk sosialisasi yang sasarannya adalah pemilih pemula dan melibatkan penyelenggara dan juga pengawas serta pihak-pihak lain yang  turut mengontrol jalannya proses demokrasi ini.

“Kegiatan seperti ini penting bagi sebagai penyelanggara Pemilu, dan kami berterima kasih dan memberikan apresiasi yang positif bagi kita semua, untuk sama-sana kita kolaborasi dalam melakukan kerja-kerja dalam peningkatan partisipasi publik, dengan salah satunya melaksanakan kegiatan-kegiatan seperti ini,” ujarnya.(S-25)