AMBON, Siwalimanews – Anggota Komisi III DPRD Provinsi Maluku Anos Yermias memastikan, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut akan memfasilitasi pengangkutan hewan menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha tahun ini.

Ia mengaku, banyak keluhan dari masyarakat dibeberapa wilayah terkat kurangnya hewan kurban baik sapi, kerbau maupun kambing, dikarenakan tidak adanya kapal pengangkut.

Berdasarkan keluhan ini, maka pihaknya berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan melalu Direktorat Jenderal Perhubungan laut dan telah direspon.

“Jadi memang menjelang Idul Adha ini, ada beberapa daerah yang mengeluh tentang kekurangan hewan kurban karena tidak ada kapal yang siap untuk angkut. Namun itu semua telah direspon dan saat ini hewan-hewan kurban ini sementara diangkut,” ungkap Yermias.

Langkah yang dilakukan Dirjen Perhubungan Laut kata Yermias, merupakan satu terobosan guna mengatasi kesulitan yang dihadapi masyarakat, khususnya para peternak, baik itu di Kabupaten Maluku Barat Daya maupun Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Baca Juga: Giliran Kadis PRKP Diperiksa KPK

Saat ini di Indonesia, hanya terdapat enam kapal yang diperintuhkan khusus bagi pengangkutan hewan, tetapi tidak ada trayek yang menyinggahi pelabuhan-pelabuhan di Maluku.

“Jadi saat ini KM Pesona telah mengangkut hewan kurban dari Kisar, Romang, Leti, Moa Lakor menuju Tepa untuk mengangkut sapi, dan selanjutnya menuju Marsela mengakut kambing kemudian ke Saumlaki dan ke Tual, tapi karena cuaca buruk, jadi masih tertahan di Saumlaki,” bebernya.

Yermias berharap, dengan adanya kebijakan Ditjen Perhubungan Laut ini dapat mengatasi permasalah ketersediaan hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha di bulan Juli mendatang.(S-20)