AMBON, Siwalimanews – Penjabat Bupati Maluku Tenggara Jasmono dan Walikota Tual Akhmad Yani Renuat diminta fokus untuk menekan inflasi di daerah masing-masing.

Pasalnya, persoalan inflasi di kedua daerah tersebut mendapatkan perhatian khusus dari Menteri Dalam Negeri Mohammad Tito Karnavian lantaran belum berhasil ditekan.

Anggota DPRD Provinsi Maluku Amir Rumra kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Rabu (1/11) menyambut baik pelantikan Jasmono sebagai Penjabat Bupati Maluku Tenggara dan Akhmad Yani Renuat sebagai Penjabat Walikota Tual.

Menurutnya, kedua Penjabat yang ditunjuk Mendagri merupakan ASN senior yang telah memahami pengelolaan pemerintahan, sehingga tak sulit bagi mereka dalam membenahi tata kelola pemerintahan.

Salah satu masalah yang harus menjadi fokus kedua kepala daerah yakni masalah inflasi yang berulang kali disentil Mendagri dalam berbagai kesempatan, termasuk saat pelantikan kemarin.

Baca Juga: Retribusi TPI Beri Kontribusi bagi Peningkatan PAD

“Inflasi itu merupakan masalah yang menjadi catatan penting untuk diselesaikan, dan sebagai ASN senior yang sangat memahami benar bagaimana persoalan ini, keduanya harus fokus menanganinya,” tandas Rumra.

Khusus bagi Penjabat Walikota Tual Akhmad Yani Renuat yang sebelumnya adalah Sekot Tual, maka secara tidak langsung memahami kondisi dan potret Kota Tual.

Rumra juga berharap, kedua penjabat kepala daerah ini dapat segera berproses untuk membahas APBD 2024, karena berkaitan dengan persoalan anggaran pilkada serentak yang wajib dianggarkan sebesar 60 persen dalam APBD.

“Mudah-mudahan dilantik meneruskan saja visi misi beliau kalau ada hal yang perlu menjadi pembenahan yang sudah dilakukan pemerintah sebelumnya tinggal ditingkatkan,” ujar Rumra.(S-20)