AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon didampingi sejumlah pimpinan OPD meninjau lokasi terdampak banjir dan longsor di kawasan Galunggung  dan Kate-kate serta daerah lainnya. Bahkan disela-sela peninjauan itu, walikota berkesempatan menemui warga yang terdampak bencana.

Kepada wartawan walikota mengaku, peninjauan yang dilakukannya ini untuk melihat langsung dampak pasca peristiwa longsor dan banjir yang terjadi sejak, Selasa (30/5) kemarin.

“Kita tinjau supaya minimal data laporan yang masuk melalui BPBD itu, dapat diketahui dengan jelas, mana yang mengalami dampak yang berat,” ujarnya.

Kewajiban pemerintah kota kata walikota adalah, melakukan pendataan terbadap dampak dari musibah banjir dan longsor.

“Jadi nanti disampaikan, kalau dalam jumlah banyak, tentu itu menjadi tanggungjawab pusat melalui BNPB. Yang kita lakukan sekarang, paling tidak bahwa pemkot tidak diam atas musibah yang terjadi pada masyarakat,” ucapnya.

Baca Juga: BP2JK Diingatkan Prioritas Kontraktor Lokal

Walikota mengaku bersyukur ditengah musibah itu, sebab tidak terdapat korban jiwa. Walaupun demikian ia menghimbau agar masyarakat, terutama yang menempati lokasi-lokasi rawan banjir dan longsor, agar tetap waspada dan berhati-hati.

“Kita tidak pernah duga datangnya bencana, intinya tetap waspada, terutama terhadap bahaya  longsor,” himbaunya.(S-25)