AMBON, Siwalimanews – Hujan deras yang mengguyur Kota Ambon dan sekitarnya sejak Jumat (9/7) malam hingga, Sabtu (10/7) sore, mengakibatkan longsor di kawasan Kebun Cengkeh, Desa Batu merah.

Kali ini, longsor mengakibatkan talud rumah milik Ibu Yolanda di RT 01/020 Kebun Cengkeh, tepatnya di lorong Pendidikan roboh. Untunglah saat longsor terjadi pemilik rumah tidak berada di tempat.

“Saat bencana terjadi saya sementara bekerja di kantor dan suami sementara berada di rumah keluarga, ketika roboh baru ada tetangga yang menelpon sehingga saya cepat pulang dan melihat kondisi tembok yang hancur.

Muhklis Fataruba tetangga korban yang juga saksi mata peristiwa itu, kepada Siwalimanews menuturkan talud rumah berukuran 15 centimeter tersebut memang sudah sedikit mengalami keretakan ditambah durasi hujan yang cukup tinggi, sehingga menghantam talud membuat tembok rumah tersebut roboh pada pukul 13.30 WIT.

Baca Juga: Pattiasina Desak Dinkes Beli Mobil PCR

Saat tembok roboh ada dua pengendara sementara melintasi jalan tersebut, beruntungnya para tetangga serentak, berteriak dan dua pengendara itu dapat menghindari bahaya itu.

“Ketika tembok roboh masyarakat agak kesulitan, karena jalan setepak di lokasi ini biasa dipakai untuk aktivitas masyarakat tertutup, sehingga harus alihkan ke jalur lain tetapi agak kejauhan,” ujarnya.

Pantauan Siwalimanews di lokasi kejadian, tim Tagana dan Dinsos Maluku serta BPBD Kota Ambon tiba di lokasi dan memberi bantuan berupa tenda, gerobak dan sekop,  ditambah makanan siap saji bagi korban bencana.

“Hingga saat ini warga sekitar lingkungan RT 01/020, sementara bahu membahu membersihkan material longsor. (S-51)