BULA, Siwalimanews – Lari dari tugas atau disersi Aipda Amri Mappiware anggota Polres SBT, resmi dipecat dengan tidak hormat (PTDH) dari kesatuannya Rabu (25/8). Pemecatan yang ber­sangkutan digelar di Lapangan Apel Mapolresta SBT dipimpin Kapolres SBT, AKBP Andre Su­kendar dalam upacara penang­galan atribut.

Aipda Amri diketahui sejak dimutasikan dari Polda Maluku 2016 ke Polres SBT, yang ber­sangkutan selama itu bolos alias tidak berkantor. Aipda Amri di­berhentikan dari kesatuan ber­dasarkan Surat Keputusan Ka­polda Maluku Nomor: Kep/219/2021 tanggal 28 Juli 2021 tentang penjatuhan hukuman.

Kapolres pada kesempatan tersebut mengatakan, untuk pertama kalinya di tahun 2021 telah dilaksanakan upacara PT­DH dari dinas Polri, terhadap salah satu personel Polres SBT dengan pelanggaran disersi.

“Ini untuk pertama kalinya di tahun 2021 dilaksanakan upacara PT­DH di Polres SBT dengan pela­nggaran diserse,” ungkap Kapolres.

Keputusan PTDH dari dinas Polri kata Kapolres, tentunya tidak di­ambil dalam waktu singkat, tetapi sudah melalui proses persidangan sesuai prosedur yang berlaku, demi ke­pentingan dan kebaikan orga­nisasi.

Baca Juga: Pangdam Pattimura Puji Kepemimpinan Rahawarin

“Sebagai manusia biasa saya me­rasa berat untuk mengambil keputu­san ini, karena sebagai pimpinan, saya harus menegakan aturan dan kode etik profesi Polri dalam rangka mewujudkan kedisiplinan dan soli­ditas internal yang baik,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Kapolres juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh personel Polres SBT yang selama ini telah melaksanakan tugas dengan baik, penuh disiplin, dedikasi dan loyalitas kepada insti­tusi Polri terkhususnya Polres SBT.

Selain itu juga diharapkan kepada seluruh personel untuk menjadi panutan di tengah-tengah masya­rakat, sebagaimana progam Kapolri, yaitu mewujudkan SDM yang unggul, dan untuk mewujudkan hal tersebut, pembinaan mental ang­gota harus lebih ditingkatkan lagi, begitu juga reward and punishment harus betul-betul diterapkan secara profesional.

“Semoga Allah SWT senantiasa memberi kekuatan lahir batin serta petunjuk dan bimbingannya kepada kita semua dalam melaksanakan tu­gas dan pengabdian kepada masya­rakat bangsa dan negara yang kita cintai bersama,” pungkasnya. (S-47)