AMBON, Siwalimanews – Diagendakan lusa, Kamis (23/8), DPD Partai Demokrat Provinsi Maluku akan menggelar Musyawarah Daerah (Musda) V, yang akan dilaksanakan di Hotel Manise.Musda V Partai Demokrat Maluku akan bersangsung berbeda dengan musda-musda sebelumnya.

Pasalnya, dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, serta dihadiri  DPP hanya lewat virtual meeting.

Selain itu, calon ketua DPD periode 2021-2026 hanya diikuti calon tunggal yaitu ketua DPD Partai Demokrat Maluku saat ini, Elwen Roy Pattiasina.

Hal ini disampaikan Ketua Panitia Musda V Partai Demokrat Maluku, Asri Arman saat jumpa pers bersama Sekretaris DPD Demokrat Maluku, Lattif Lahane, didampingi Ketua Stering Comitte (SC), John Lefmanut dan Wakil Ketua Panitia, Max Marcel Sahusilawane, kepada wartawan, di Kantor DPD Demokrat Maluku, Karang Panjang, Ambon, Senin (23/8).

Dijelaskan, berbeda karena tidak ada penjemputan dan aktivitas yang mengundang kerumunan massa.

Baca Juga: Penjaringan Seleksi Sekot Ambon Terhambat

‘’Jadi kendati musda ini disederhanakan namun sejatinya tidak mengurangi makna dari musda sebelumnya. Ini karena pelaksa­naannya di tengah Pendemi Covid-19 sehingga kami menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Para peserta yang ikut diwajibkan untuk melakukan Rapid Tes, yang reaktif, atau yang tidak mengantongi hasil Rapid Tes negatif dilarang masuk kedalam ruangan,’’ tandas Arman yang juga Sekretaris Fraksi Partai Demokrat DPRD Provinsi Maluku ini.

Kendati dihadiri DPP lewat virtual meeting, lanjut Arman, ada empat orang staf dari DPP yang hadir untuk menunjang kesuksesan pelaksanaan musda.

Ditambahkan, untuk calon ketua, 11 DPC Partai Demokrat serta satu organisasi sayap di daerah ini sudah menyerahkan dukungan melalui rekomendasi kepada Ketua DPD yang seka­-rang untuk melanjutkan kepe­mim­pinan di periodesasi berikut.

‘’Pak Roy dianggap berhasil dan 11 DPC serta organisasi sayap menaruh harapan kepada beliau untuk melanjutkan kepemimpinan di periode kedua sehingga dipastikan hanya calon tunggal di musda kelima ini,’’ tambah  Arman.

Hal ini ditegaskan pula oleh Sekretaris DPD Demokrat Maluku, Lattif Lahane. Menurutnya, sesuai Peraturan Organisasi (PO) DPP Partai Demokrat, bakal calon Ketua DPD Partai Demokrat, mesti mengantongi minimal 20 persen dari pemilik suara.

”Jadi kalau 12 pemilik suara, bakal calon Ketua DPD harus mengantongi minimal 3 pemilik suara. Namun, karena semua pemilik suara memberikan rekomendasi dukungan kepada pak Roy, itu berarti hanya calon tunggal. Jadi pak Roy calon tunggal ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Maluku, di Musda. Jadi hampir pasti pak Roy kembali nahkodai Partai Demokrat Provinsi Maluku,” bebernya.

Sementara itu, Ketua SC yang juga Ketua OKK DPD Demokrat Maluku, John Lefmanut menambahkan, musda kali ini dibatasi hanya diikuti oleh ketua-ketua DPC Partai Demokrat Maluku dan selain agenda utamanya adalah pemilihan ketua DPD, ada agenda-agenda sidang yang akan membahas 10 program Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono termasuk didalamnya agenda rekomendasi pada event-event politik, baik pilpres, pilkada, maupun pileg.

‘’Salah satu rekomendasi pastinya tetap pada komitmen untuk mengusung AHY di Pilpres 2024. Setelah musda ini, akan dilanjutkan dengan Muscab di 11 kabupaten/kota dan konsolidasi untuk itu akan terus dilakukan sampai pada pembentukan kepengurusan di tingkat ranting dan sub ranting,’’ pungkas Lefmanut.

Menyambung pelaksanaan musda ini, Wakil Ketua Panitia Musda, Max Marcel Sahusilawane mengatakan, kesiapan panitia saat ini sudah 90 persen dan bakal rampung di H-1 pelaksanaan musda.

‘’Sampai hari ini H-3 ini, kesiapan kami sudah 90 persen termasuk koordinasi dengan aparat keamanan serta tim kesehatan yang bakal melakukan Rapid Tes. Kami yakin Musda V Partai Demokrat ini akan berlangsung sukses,’’ ujar Sahusilawane. (S-16)