AMBON, Siwalimanews – Mantan  Sekretaris Kota Ambon AG Latuheru mendaftar di hari terakhir penutupan proses penjaringan kepala daerah dan wakil kepala daerah di PDI Perjuangan Kota Ambon.

Latuheru datang di Sekretariat PDIP didampingi tim relawannya, Selasa (7/5) sore tadi untuk mengembalikan sekaligus dengan resmi mendaftarkan dirinya sebagai bakal calon Walikota Ambon yang akan bertarung dalam Pilkada November nanti.

“Sebelumnya saya sudah ambil formulir dan hari ini saya kembalikan,” ujar Latuheru kepada wartawan usai kembalikan formulir pendaftaran.

Ia mengaku, meski secara pribadi tidak punya sejarah khusus dengan PDIP, tetapi sejarah masa lalu orang tua, menjadi modal baginya untuk kembali ke “rumah tua”.

Selain PDIP, dirinya juga mendaftar di Perindo, Nasdem dan PSI, bahkan ia berencana juga akan mengambil fornulir pendaftaran di PPP Kota Ambon.

Baca Juga: 200 CPNS Hasil Seleksi 2023 Bertugas di Kejati Maluku

Dirinya tentu berharap, dengan tagline “For Ambon Jangan Coba-coba”, sehingga  keseriusan, konsep dan pengalaman birokrasinya, bisa didukung oleh beberapa partai politik, dimana dirinya telah berproses saat ini.

“Dari beberapa partai yang punya kursi di DPRD itu, satu saja kasih dukungan ke saya sudah syukur ditambah partai lainnya, ya 50 persen saja kasih dukungan, sudah bagus,” ucapnya.

Dia juga berharap, mendapat dukungan dari PDIP dengan pengalaman birokrasinya itu. Namun tentu, PDIP punya mekanisme, yang mana rekomendasi itu ditentukan oleh DPP, sehingga dirinya juga akan mengikuti tahapan itu.

“Ada tahaoan verifikasi, survei, tes dan sebagainya. Sehingga paling tidak saya ada dalam daftar survei itu, meski bukan pada posisi pertama. Saya percaya PDIP maupun partai lainnya akan mendukung orang yang amanah, orang yang profesional, tapi juga orang yang berpengalaman,” tuturnya.

Ditanya soal bakal calon lainnya yang saat ini juga sedang berproses dalam kontestasi politik 2024 ini, Latuheru mengatakan, mereka adalah kompetitor dan bukan lawan tanding.

“Saya tidak akan melawan mereka, tetapi saya akan berkompetisi dengan siapa saja yang masuk dalam bursa ini. Jadi saya melihat semua itu sebagai kompetitor dan kita akan berkompetisi tanpa melukai siapapun,” tandasnya.(S-25)