TIAKUR, Siwalimanews –  Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Maluku Barat Daya, menggelar kemah bhakti tahun 2023. Pembukaan kemah bakti itu ditandai dengan upacara yang berlangsung di halaman Kantor Kejari MBD, Sabtu (8/7).

Ketua Kwarcab Kabupaten MBD Obed H Y Kuara dalsam arahannya mengatakan, pelaksanaan perkemahan bhakti ini sebagai bagian dari ajang konsolidasi organisasi gerakan Pramuka MBD pada bidang pembinaan anggota muda dan pembinaan anggota dewasa di tahun 2023.

“Kemah Bhakti adalah bhakti sosial kemasyarakatan berbentuk aksi bersama pengabdian masyarakat dan mempererat hubungan antara anggota pramuka serta mengenal satuan karya sebagai wadah pengembangan kehalian minat dan bakat anggota muda, khususnya pada tingkatan penegak dan pandega,” ujarnya.

Menurutnya, rangkaian kemah bhakti ini juga dilaksanakan beberapa kegiatan, diantaranya sosialisasi pembentukan kampung pramuka kepada para camat, kepada desa dan dusun se-Kabupaten MBD, penyajian materi dalam rangka menumbuhkan karekter anak bangsa dalam berbagai tantangan dan ancaman terhadap masa depan generasi penerus bangsa, bhakti sosial kepada beberapa titik aktivitas masyarakat disekitar Kota Tiakur dan lokasi pelaksanaan rapat kerja kwarda Maluku pada beberapa waktu kedepan.

Selain itu, bimbingan teknis pengelolahan gugus depan terintegrasi kepada para kepala sekolah dan pengelola kampus PSDKU Unpatti Tiakur, serta kegiatan pelantikan majelis pembimbing pimpinan dan pengurus satuan karya Saka Wiakartika, Saka Bhayangkara, Saka Wanabakti, Saka Bhakti Husada, Saka Taruna Bumi, Saka Kalpataru, Saka Bahari, Saka Dirgantara yang akan berlangsung, Minggu (9/7).

Baca Juga: 381 Calon Anggota Bawaslu Maluku Jalani Tes Psikologi

“Harapan saya semoga output atau hasil dan manfaat kemah bhakti ini dapat menyemangati upaya menggapi cita dan gita anggota pramuka di Kwarcab MBD demi kepentingan masa depan bangsa dan negara dalam menghadapi berbagai masalah dan tantangan masa kini dan masa yang akan datang, sehingga peran gerakan pramuka sebagai lembaga pendidikan non formal yang tujuan akhirnya adalah membentuk karekter kaum muda, menanamkan semangat kebangsaan, serta meningkatkan ketrampilan generasi muda dapat terwujud,” tandasnya.

Satuan Karya yang akan diaktifkan melalui pelantikannya kata Kuara, juga dapat dijadikan tempat pelajar bagi pramuka penegak pandega sesuai minat dan bakat dalam meningkatkan ketrampilan dan kecakapan hidup.

“Bimbingan teknis dapat memacu kinerja pembina pramuka di gugus depan sehingga garda terdepan pengembangan pendidikan kepramukan yang berkualitas di gugus depan yang berpangkalan pada sekolah dan kampus di MBD kearah yang lebih baik lagi sesuai yang diamantkan UU Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka,” tutupnya.(Mg-2)