AMBON, Siwalimanews – Meskipun pemilihan umum serentak  baru akan digelar pada 2024, namun untuk memantapkan koordinasi, KPU Maluku menemui DPRD Maluku untuk meminta dukungan terkait dengan tahapan persiapan pesta demokrasi lima tahunan itu.

Usai bertemu Ketua DPRD Pro­vinsi Maluku, Ketua KPUD Ma­luku, Syamsul Rifan Kubangun me­negaskan kedatangan pihak­nya ke DPRD Provinsi Maluku da­lam rangka meminta dukungan ter­kait dengan agenda pemilu serentak 2024 mendatang.

“Jadi ini agenda rutin salah satu­nya berkomunikasi dengan DPRD Provinsi Maluku, salah satunya meminta dukungan terkait dengan persiapan pilkada serentak menda­tang,” ungkap Syamsul.

Dijelaskan, untuk tahapan pemilu serentak tahun 2024, KPU RI telah menetapkan jika proses persiapan dimulai sejak September 2022. Se­bagai wakil rakyat, dukungan DPRD Provinsi Maluku sangat dibutuhkan sebab fungsi pengawasan penting dalam melihat persoalan yang dihadapi di pilkada dan pemilu agar diselesaikan bersama-sama.

Selain itu, persolan data pemilih dan infrastruktur lainnya sangat penting diketahui seperti jaringan yang berkaitan dengan aplikasi yang diterapkan juga penting untuk mendapatkan dukungan DPRD untuk diselesaikan.

Dalam kesempatan itu, KPUD Maluku juga memberikan apresiasi terkait dengan dukungan pemangku kepentingan dalam hal ini DPRD Provinsi Maluku berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu serentak 2020 di empat kabupaten yang telah dikakukan.

Kubangun berharap dengan adanya koordinasi dan komunikasi yang dibangun sejak dini dapat menekan masalah yang berpotensi terjadi jelang pemilu serentak tahun 2024 mendatang. (S-50)