PIRU, Siwalimanews – Dewan Pengurus Daerah Partai Keadilan Sejaterah Seram Bagian Barat resmi mendaftarkan bakal calon anggota legislatif mereka ke KPU, Senin (8/5).

Pendaftaran tersebut dilakukan oleh Sekretaris DPD PKS SBB Rahmat Basia, didampingi Ketua DPD Asrul Sani Kaisupy dan terima Ketua KPU Syarif Hehanusa, didampingi Komisioner Devisi Teknis Penyelenggara Zefnat Laturumakina, Komisioner Devisi Teknis Penyelenggara Abd Haris Kaliky, dan Komisioner Perencanaan Data dan Informash Abuani Kasilaya, serta Komisioner Devisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Parmas dan SDM Upang Djalal.

Ketua DPD PKS Asrul Sani Kaisupy pada kesempatan itu mengatakan, PKS merupakan partai pertama yang mendaftarkan bacalegnya ke KPU, dan ini sengaja dilakukan sebagai wujud komitmen dan ingin menegaskan kepada publik bahwa, PKS dengan segala formasi dan kesiapannya, maka pihaknya optimis akan meraih fraksi utuh di DPRD SBB nantinya.

Pendaftaran yang dilakukan di hari pertama ini,  merupakan agenda nasional, dimana PKS di semua provinsi maupun kabupaten/kota di Indonesia melakukan pendaftaran secara serentak.

“Kami PKS SBB dengan formasi dan komposisi serta segala aspek yang telah disiapkan ini, maka kami sangat yakin dan optimis bisa mencetak fraksi utuh di DPRD,” ucapnya.

Baca Juga: Pengurus PWI Maluku Dikukuhkan

Sebagai partai politik kata Kaisupy, tentunya semua menginginkan kursi kepemimpinan. Untuk itu dengan formasi PKS saat ini, nantinya di saat-saat terakhir akan mendapat energi baru dalam komposisi bacaleg, untuk  itu, pihaknya melihat ada ruang terbuka untuk merebut kursi kepemimpinan.

Ada dua kunci untuk memenangkan momentum Pileg 2024, salah satunya, transformasi dan kolaborasi, karena dengan transformasi 1 kursi, maka akan menjadi 4 atau 5 kursi, sedangkan dalam rangka mencapai transformasi yang PKS masukan dengan fungsionaris yang ada dengan struktur BCAD, DPD, DPC sampai ketingkat ranting, dan semua struktur organisasi sayap partai yang ada.

“Hal ini kemudian pihaknya  mencoba maksimalkan proses kolaborasi itu sehingga menjadi organ kemenangan bukan BCAD saja tetapi melalui struktur partai tersebut yang menjadi organ dan struktur kemenangan sesuai dengan selogan PKS pembela rakyat,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Syarif Hehanusa menjelaskan, hingga dibukanya pendaftaran oleh KPU SBB, baru satu partai politik yang mendaftar yakni PKS, sedangkan partai lain baru akan menyusul ditanggal 12.

Hehanusa menghimbau, kepada partai politik yang mau mendaftar lebih baik dari awal jangan di injury time pada 14 Mei, karena jika ada syarat-syarat yang belum lengkap, maka akan dikembalikan untuk diperbaiki. Apa bila partai politik yang mau mendaftar awalnya satu hari sebelumnya harus menyampaikan surat pemberitahuan kepada KPU.

“Ini harus dilakukan, karena selesai pendaftaran akan dilanjutkan dengan verifikasi untuk syarat-syarat pencalonan bacaleg sesuai dengan syarat yang ditentukan PKPU Nomor 10 dan itu dilakukan sesuai dengan ketentuan yang ada,” jelasnya.

Pantauan Siwalimanews, sebelum melakukan pendaftaran atau penyerahan berkas bacaleg PKS ke KPU, ratusan kader dan simpatisan partai ini melakukan konvoi, dan kemudian memasuki Kantor KPU untuk melakukan pendaftaran tepat pukul 13.00 WIT. (S-18)