TIAKUR, Siwalimanews – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Maluku Barat Daya melaksanakan rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi hasil Perhitungan perolehan Suara Pemilihan Umum Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Maluku Barat Daya.

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perhitungan suara Pemilu 2024, berlangsung di Gedung Serbaguna Tiakur, Kamis (29/2) dan dibuka Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Maluku Barat Daya, Kristian L Talupoor, didampingi anggota Komisioner KPU Maluku Barat Daya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Maluku Barat Daya, Kristian L Talupoor, mengatakan pada hari ini adalah puncak dimana akan dimulainya penghitungan dan rekapitulasi tingkat kabupaten.

Masyarakat telah menggunakan hak pilihnya di 17 Kecamatan, 117 desa 1 Kelurahan dan 293 TPS di Kabupaten MBD.

“Kami secara kelembagaan penyelenggara pemilu maupun rekan kerja dari Bawaslu secara berjenjang kami telah melaksanakan tugas mulai dari tingkat TPS melaksanakan pemungutan dan perhitungan suara, kemudian dilanjutkan rekapitulasi tingkat kecamatan dan pada hari ini dimulai rakapitulasi tingkat Kabupaten,” ujarnya.

Baca Juga: Waduh! Puluhan Miliar Subsidi KMP Dikembalikan ke Pempus

Menurut Kristian Talupoor, rapat pleno hari ini akan diawali untuk tiga Kecamatan, yakni Kecamatan Pulau Letti, Kecamatan Pulau Moa dan Kecamatan Pulau Lakor.

“Kami sampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu KPU Kabupaten MBD dalam melaksanakan seluruh pentahapan mulai tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan, tahapan distribusi hingga pada akhirnya kita telah tiba dihari ini,” jelasnya.

Dengan berdasarkan pada ketentuan Peraturan UU Nomor 7 tahun 2017, Peraturan KPU Nomor 5 tahun 2024 serta Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 66 tahun 2024, rapat pleno terbuka dalam rangka rekapitulasi hasil perhitungan suara tingkat Kabupaten MBD pada Pemilu 2024, dinyatakan dibuka dan terbuka untuk umum. (S-28)