AMBON, Siwalimanews – Kontingen Taekwondo Maluku yang berlaga di ajang Krakatau Championship Poomsae 2020 yang menurunkan 42 atlitnya berhasil meraih hasil terbaik dan mengharumkan nama daerah ini di kancah nasional.

“Dalam kejuaraan ini Maluku berhasil peroleh 42 medali yang terdiri dari 7 medali emas dan 35 medali perak,” ucap Pelatih Poomsae Maluku Elly Rumanikit saat dikonfirmasi Siwalima Senin (9/11).

Dijelaskan, 42 atlit Maluku yang diturunkan dalam kejuaraan ini, berasal dari beberapa dojang/sasana di Kota Ambon dan Maluku Tengah antara lain, Dojang PDK, Dojang Ghanas, Den Intel Kodam Pattimura (Kota Ambon) dan Dojang Eriwakang serta Waiselaka (Maluku Tengah).

Mereka yang berhasil mendapatkan medali emas antara lain, Luther Lalaar dan Mutiara Mentari (P&K), Diego Daniel Kailuhu, Jefon Hursepuni (Eriwakang), Vicyen M Veerman Lena B Pattireuw dan Febiola Reawaruw (Waiselaka)

Sementara 35 medali perak yang di­persembahkan bagi Maluku disumbang­kan oleh Dojang PDK dengan 13 perak yang diperoleh, Bethania Taniwel, Yesya Ikhsan, Widya Nurindah, Gabriel Tabalessy, Jorya Ayawaila, Yesra Rumanikit, Anisa Patti­nasarani, Indi S Vidmatan, Sevanya Daniel, Rio Melaira, Joy Rahakratat, Patrick dan Debora Rehiara.

Baca Juga: Dojang PDK Tatap Kejuaraan Internasional Poomsae

Dua medali perak lainnya disumbangkan dua atlit Dojang Ghanas masing-masing Jessen Leke­neny dan Dila Letlora. Sementara Dojang Eriwakang juga menyumbangkan 13 medali perak yang disumbangkan oleh  Brian J Sellan, Nivrind Toumahuw, Dahayu Pambudi, Damai Y Mukadar, Rangga Melaira, Akwila L Koritelu, Dirga Kailuhu, Gevriel Kailuhu, Grieselda Tahapary, Ftri Nuryanti, Nuswa A Subandi Anisa N Desti, Juliana J Molle.

“Sedangkan 7 medali perak diraih oleh Yelsya A M Habibuw serta sisanya atlit dari Dojang Danintel Kodam Pattimura,” ucap Rumanikit.

Para atlit ini juga kini telah disiapkan untuk mengikuti kejuaraan internasional bertajuk Indonesian Internasional Cha­ang­mookwan 2020 yang akan berlang­sung pada 28-29 November ini.

Pada kejuaraan ini juga Kontingen Maluku diyakini akan kembali mengha­rumkan nama Provinsi Maluku di ajang internasional yang diikuti oleh sejumnlah negara Asia, Eropa maupun Amerika Latin.

“Pada kesempatan ini saya ucapkan terimakasih kepada Ketua Pengprov Maluku dan Pengkot Ambon yang dengan kepedulian mereka dapat menaruh perhatian bagi para atlit dalam kejuaraan ini, begitupun para orang tua atlit yang mensupport anak-anak mereka,” ucap Rumanikit. (Cr-5)