Belgia berhasil tampil perkasa saat menaklukkan tuan rumah Skotlandia dengan skor 4-0 dalam laga kualifikasi Piala Eropa 2020.

Belgia sudah mencetak gol saat pertandingan baru berjalan sembilan menit. Dalam sebuah skema serangan balik, Kevin De Bruyne berhasil melakukan tekanan hingga mendekati kotak penalti.

De Bruyne lalu melihat pergerakan Lukaku yang tak terkawal. De Bruyne lalu menyodorkan bola yang langsung dilanjutkan oleh penyelesaian berkelas oleh Lukaku.

De Bruyne kembali jadi aktor di balik gol kedua Belgia yang dicetak oleh Thomas Vermaelen. Kali ini, umpan silang De Bruyne berhasil diteruskan oleh tendangan Vermaelen dari jarak dekat.

Babak pertama akhirnya usai dengan keunggulan 3-0 untuk Belgia. De Bruyne memastikan catatan assist ketiga di balik gol yang dibukukan oleh Toby Alderweireld.

Baca Juga: Lantamal IX Peringati Haornas ke-36

Berawal dari sebuah sepak pojok, umpan De Bruyne berhasil disambut sundulan Alderweireld. Bola menyentuh mistar gawang dan memantul melewati garis gawang.

Setelah memberikan tiga assist, De Bruyne akhirnya mencatatkan namanya sendiri di papan skor pada menit ke-82. Menerima umpan dari Lukaku, De Bruyne melepaskan tendangan terarah ke pojok kiri gawang Skotlandia.

Kemenangan ini membuat Belgia masih mencatat nilai sempurna dalam perjalanan mereka di grup I. Belgia mengoleksi 18 poin usai enam laga dilewati.

Di grup C, Jerman berhasil meraih kemenangan dengan skor 2-0 di markas Irlandia Utara, Windsor Park. Gol Jerman dicetak oleh Marcel Halstenberg. Bek kiri ini melepaskan tendangan voli usai mendapat umpan dari Julian Brandt. Di pengujung laga, Serge Gnabry menggandakan kemenangan Jerman.

Kemenangan ini membuat Jerman menggeser Irlandia Utara dari posisi puncak grup C. Kedua negara punya poin yang sama, 12, namun Jerman unggul selisih gol.

Persaingan di grup C makin menarik karena Belanda juga sukses membungkam Estonia dengan skor telak 4-0. Sepasang gol dari Ryan Babel dan gol dari Memphis Depay dan Georginio Wijnaldum menuntaskan perlawanan Estonia di laga tersebut.

Hasil Kualifikasi Piala Eropa: Belgia Pesta Gol

Belanda ada di posisi ketiga grup C dengan nilai sembilan tetapi mereka masih punya sisa satu laga lebih banyak.

Pada pertandingan sebelumnya di grup E, runner up Piala Dunia 2018 Kroasia harus puas ditahan imbang oleh tuan rumah Azerbaijan. Kroasia sempat unggul 1-0 lewat penalti Luka Modric di menit ke-11 namun akhirnya Tamkin Khalilzade menggagalkan keunggulan Kroasia. (*)