AMBON, Siwalimanews – Setelah melaksanakan misi perdamaian PBB, Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-P/ Unifil Lebanon Yonif 731 Kabaresi kembali ke Maluku.

Kedatangan personil Yonif 731 Kabaresi gelombang  IV disambut Asops Kasdam XVI/Pattimura Kolonel Inf Budi Santosa di Bandara Internasional Pattimura, Minggu (19/3).

Asops Kasdam XVI/Pattimura Kolonel Inf Budi Santosa mengucapkan terima kasih kepada personil Kabaresi yang telah melaksanakan misi kemanusiaan.

“Saya mengucapkan selamat datang kembali ke Kodam XVI Pattimura dalam keadaan aman dan baik setelah melaksanakan tugas menjaga perdamaian dunia,” kata Asops.

Ditempat yang sama Danyonif 731 Kabaresi Letkol Inf Yoyok Wahyudi juga selaku Wadansatgas menyampaikan terima kasih atas penyambutan oleh Kodam XVI Pattimura.

Baca Juga: Sasar Kaum Milenial, PKS Pinang Selebgram Ambon

“Terima kasih Asops, kami kembali dalam keadaan aman,” ucap Danyon.

Setelah mengambil bagasi, pasukan masuk kendaraan menuju Mayonif 733 Masariku untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan materiil, selanjutnya bergabung dengan pasukan gelombang sebelumnya sejumlah 210 orang.

Adapun tujuan dari Rikkes dan Rikmat ini guna mengecek kembali kondisi kesehatan para personel yang telah selesai melak­sanakan Satgas dan ke­-lengkapan materiil atau peralatan yang dibawa ketika Satgas.

Adapun Rikkes yang dilaksanakan meliputi pemeriksaan tensi dan nadi, gigi dan mulut, THT, bedah, kulit, penyakit dalam, mata, paru, neurologi dan VDRL.

Dari hasil pemeriksaan kesehatan maupun materiil sebelumnya, tidak ditemukan hal-hal yang menjadi perhatian khusus. Pemeriksaan ini sebagai bentuk kontrol dari komando atas atau pimpinan atas pertanggungjawaban terhadap personil dan materiil yang kembali melaksanakan tugas.

Hadir dalam penyambutan tersebut, Danbrig 27 Nusa Ina, Kolonel Inf. Rudi M. Simangunsong dan Kapendam XVI Pattimura, Kolonel Arh Adi Prayogo.

Untuk diketahui upacara penyambutan seluruh personil akan di pusatkan di Makodam oleh Pangdam XVI Pattimura. (S-09)