AMBON, Siwalimanews – Komisi V DPR dipastikan akan meninjau langsung kondisi kerusakan infrastruktur dan perhubungan di Provinsi Maluku, Senin (19/12).

Rencana kunjungan Komisi V yang membidangi infrastruktur dan perhubungan di bumi raja-raja ini dikemukakan Sekretaris Komisi III DPRD Provinsi Maluku Ayu Hindun Hasanusi kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Senin (12/12).

Kedatangan Komisi V DPR RI kata Ayu merupakan tindak lanjut dari kunjungan Komisi III DPRD Maluku pada beberapa bulan lalu, guna menyampaikan aspirasi terkait dengan kerusakan infrastruktur akibat bencana yang terjadi di sebagian besar wilayah Maluku.

“Direncanakan ditanggal 19 Desember nanti mereka datang dan melihat langsung kondisi infrastruktur dan perhubungan, apakah sesuai dengan yang sampaikan komisi di Jakarta beberapa waktu lalu atautidak,” ujar Ayu.

Momentum kedatangan Komisi V ini menurutnya,  akan digunakan sebaik mungkin oleh Komisi III untuk menyampaikan kondisi terbaru, agar ada intervensi melalui APBN, sebab jika hanya mengandalkan APBD Provinsi Maluku sudah pasti keluhan-keluhan masyarakat yang disampaikan tidak dapat diakomodir.

Baca Juga: Ratusan Rumah di Kawasan Mardika Ludes Terbakar, 1 Warga Meninggal

Apalagi sampai dengan saat ini masih ada infrastruktur rusak akibat bencana yang belum ditangani dan tidak mungkin Komisi III membiarkan persoalan ini berlarut-larut, karena akan merugikan masyarakat Maluku.

Ayu berharap, dengan kedatangan Komisi V dapat memberikan angin segar bagi pembangunan infrastruktur dan perhubungan di Provinsi Maluku yang selama ini belum diperhatikan oleh pemerintah pusat.(S-20)