DOBO, Siwalimanews –  Pengadilan Negeri Dobo bakal miliki gedung baru, kepastian ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan gedung tersebut oleh Wakil Bupati Aru Muin Sogalrey, Senin (12/12).

Gedung PN Dobo yang baru ini akan dibangun di Jalan Jaksa Agung R Soeprapto, Kelurahan Siwalima, Kecamatan Pulau-Pulau Aru dengan bentuk yang modern.

Wabup dalam sambutanya saat peletakan batu pertama gedung PN Dobo mengatakan, peletakan batu pertama pembangunan gedung kantor baru PN Dobo sebagai salah satu perangkat pendukung, dalam pelaksanaan tugas-tugas penegakan hukum dan pelayanan masyarakat di Bumi Jargaria-Sarkuarisa.

Kepedulian pemkab terhadap eksistensi dan pelaksanaan tugas institusi penegakan hukum di daerah ini telah mulai dilaksanakan sejak terbentuknya Kabupaten Kepulauan Aru.

“Fasilitasi dan perhatian diberikan bagi setiap jajaran Forkopimda dan institusi penegak hukum yang bertugas di kabupaten ini, sehingga diharapkan akan memberikan nilai tambah bagi setiap institusi untuk memberikan yang terbaik dalam pelaksanaan tugas dan pengabdian di Bumi Jargaria,” ucap Wabup.

Baca Juga: Seruduk Angkot,  Pengendara Motor Dilarikan ke RS

Disamping itu kata Wabup, tantangan terbesar yang dihadapi bersama dalam pelaksanaan pembangunan di Aru, termasuk pembangunan bidang penegakan hukum adalah, soal aksesibilitas antar daerah atau antar pulau.

Pasalnya, dalam sebaran pulau pada wilayah yang cukup luas, tentu saja membawa beban kerja berupa kesulitan aksesibilitas dan konektifitas antar daerah bagi semua pihak, termasuk para penegak hukum di daerah ini.

“Saya percaya, dalam kerjasama dan koordinasi tugas yang sinkron dan terkoordinasi secara baik, Kantor Pengadilan Negeri Dobo akan mampu bekerja secara maksimal. Olehnya, Pemkab Aru siap dan membuka diri untuk tetap membangun kerjasama dan koordinasi kerja yang harmonis dengan pihak PN Dobo,” ujar Wabup.

Wakil Ketua PN Dobo Agung Sulistyono pada kesmepatan itu menuturkan, u sebelum ada PN Dobo untuk wilayah hukum Kabupaten Aru masuk di PN Tual, sehingga untuk pelayanan persidangan pihaknya menggunakan sitting plat yang sekarang dijadikan Kantor PN Dobo .

Pada tahun 1990, penjaga Kantor PN Dobo adalah Septinus Barens yang saat ini menjabat sebagai panitera di PN Dobo.

“Ini memang luar biasa pengorbanan beliau sampai pada tahun 2016 Keputusan Presiden Nomor 18 Tahun 2016 baru dibentuklah PN Dobo dan alhamdulillah kita pada tanggal 12 Desember 2022 ini melaksanakan peletakan batu pertama untuk pembangunan gedung baru PN Dobo,” ungkap Sulistyono. (S-11)