AMBON, Siwalimanews – PT Pertamina Patra Niaga Cabang Ambon memastikan BBM selama Natal dan Tahun Baru mencukupi.

Sales Area Manager Retail PT Pertamina Patra Niaga Cabang Ambon Angga Y Putra mengaku, pihaknya telah melakukan monitoring stok, baik itu di lembaga penyalur BBM dan LPJ, termasuk melakukan digitalisasi di setiap lembaga penyaluran.

“Sesuai hasil monitoring, maka dipastikan pasokan energi dalam produk bahan bakar minyak, LPG, hingga avtur selama Nataru aman,” ucap Angga dalam rapat kerja bersama Komisi II DPRD Maluku, Sabtu (9/12).

Angga mengungkapkan, stok BBM untuk kebutuhan rumah tangga sekitar 37,4 hari atau sekitar 4,862 kilo liter, sedangkan untuk LPJ, stok yang tersedia 160 hari kedepan atau 850 metric ton.

Untuk kebutuhan BBM disektor tranportasi khususnya pertalite, stok yang tersedia selama 48,2 hari sekitar 6,555 kilo liter. Untuk pertamax punya ketahanan stok 198 hari atau sekitar 11,444 kilo liter, sementara untuk solar stok yang tersedia untuk 12,3 hari atau sekitar 14,870 kilo liter.

Baca Juga: Hentihu Ingatkan PUPR Perhatikan Ruas Jalan Kayeli Ilat

Tak hanya untuk transportasi darat, Pertamina Maluku juga memastikan ketahanan stok sekitar 124 hari kedepan atau 7,68 metric ton. Stok BBM yang tersedia sifatnya simultat, sebab setiap harinya ada pengiriman BBM ke Terminal Wayame, sebab Pertamina juga harus memastikan pengiriman untuk wilayah Indonesia timur lainnya.

“Jadi kita harus amankan di Maluku, kalau tidak stok di Papua dan Maluku Utara itu akan terganggu karena sepertiga Indonesia timur itu tergantung pada terminal BBM Wayame yang akan menyalurkan sekitar 21 terminal BBM di seluruh Indonesia timur baik itu Papua dan Maluku Utara.(S-20)