AMBON, Siwalimanews – PT Pelni Cabang Ambon memprediksi akan terjadi lonjakan penumpang selama liburan perayaan Natal dan Tahun Baru 2024.

Kepala operasi Pelni cabang Ambon Mohammad Assegaf kepada wartawan di Ambon, Sabtu (9/12) menjelaskan, seiring berakhirnya pandemi covid-19 yang telah dinyatakan sebagai epidemi, pastinya akan diikuti dengan antusiasme masyarakat yang akan berlibur selama Natal dan Tahun Baru 2024.

“Tahun ini kita prediksi akan ada peningkatan penumpang, makannya kita tambah dua armada, termasuk dispensasi penambahan kapasitas penumpang,” ujar Assegaf.

Assegaf mengaku, pihaknya telah mengusulkan penambahan dua armada yakni, KM Ciremai dan KM Gunung Dempo guna mengcover kebutuhan penumpang di Maluku. KM Ciremai biasanya tidak singgah ke Ambon, namun saat Nataru nantinya akan ditambah rute ke Ambon sebelum ke Sorong.

“Jadi KM Ciremai itu nantinya dari Bau- Bau  menuju Ambon – Sorong – Manokwari – Jayapura – Biak – Manokwari – Jayapura – Biak – Sorong – Ambon,” jelasnya.

Baca Juga: Bawaslu Aru Deklarasi Kampanye Damai

Sedangkan untuk KM Gunung Dempo kata Assegaf, dilakukan deviasi rute dari sebelumnya tidak menyinggahi Pelabuhan Ambon, kini rute KM Gunung Dempo menjadi Makassar – Ambon – Sorong – Manokwari.

Assegaf memastikan, selama  Natal dan Tahun Baru, terdapat 12 armada yang akan melayani masyarakat yakni KM Labobar, KM Dorolonda, KM Dobonsolo, KM Nggapulu, KM Tidar, KM Sirimau, KM Leuser, KM Tatamailau, KM Sangiang dan KM Pangrango.(S-20)