DOBO, Siwalimanews – Bawaslu Kabupaten Aru menggelar apel siaga sekaligus deklarasi kampanye damai Pemilu tahun 2024 yang ditandai dengan penandatanganan ikrar pemilu damai secara bersama-sama Forkopimda dan seluruh pimpinan partai politik.

Pelaksanaan kegiatan apel siaga dan deklarasi kampanye damai itu berlangsung, di lapangan Yos Soedarso Dobo, Sabtu (9/12).

Bupati Aru Johan Gonga pada kesempatan itu mengatakan, Bawaslu memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam menjaga keberlangsungan pemilu. Dengan dilakukannya apel siaga hari ini, Bawaslu Aru telah menunjukkan komitmennya dalam melibatkan semua pihak untuk mengawal kampanye dan mendeklarasikan Pemilu Damai tahun 2024.

“Kami sungguh mengapresiasi kegiatan ini, sebab pemilu merupakan pilar utama dalam demokrasi sehingga diharapkan dapat berlangsung dengan aman, tertib dan santun,”harap Bupati.

Melalui kampanye yang sehat dan damai kata bupati, dipastikan, suara rakyat benar-benar akan terwakili dengan baik.

Baca Juga: Disperindag Pastikan Stok Kebutuhan Pokok Aman Saat Nataru

Oleh karena itu seluruh komponen penyelenggara pemilu dan peserta pemilu, hingga masyarakat diminta untuk bersama-sama menjaga ketertiban, keamanan, dan kedamaian selama proses kampanye dan pemilihan berlangsung.

“Kita harus pastikan bahwa setiap langkah yang diambil dalam kampanye dan pemilihan ini berjalan sesuai dengan aturan dan etika yang berlaku,” pinta bupati.

Menurutnya, Bawaslu hadir untuk menjadi penjaga integritas dan fair play dalam setiap tahapan pemilihan, sehingga dirinya yakin, dengan sinergi yang baik antara pemda, Bawaslu, KPU, partai politik dan masyarakat, kita dapat menciptakan pemilu yang damai serta g berkualitas dan transparan.

“Mari kita tingkatkan kesadaran akan pentingnya pemilu damai ini di tengah-tengah masyarakat dengan  saling menghormati, mendengarkan, dan berdiskusi dengan baik, ini merupakan langkah awal menuju pemilu yang adil dan bermartabat,” ujar bupati.

Pada konteks ini kata bupati, kepentingan bersama untuk membangun daerah yang lebih baik harus menjadi fokus utama semua masyarakat.

Olehnya, melalui kesempatan ini, ia ingin mengingatkan bahwa, pemilu damai bukan hanya tanggung jawab pemerintah atau Bawaslu, tetapi tanggung jawab bersama sebagai warga negara yang cerdas dan bertanggung jawab.

“Marilah kita jaga demokrasi kita dengan sepenuh hati dan menjadikan Pemilu 2024 sebagai tonggak sejarah keberhasilan bersama,” ajak bupati.

Sebelumnya Ketua Bawaslu Aru dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Bawaslu Aru Fredy Sogalrey menjelaskan, apel siaga dan deklarasikKampanye damai  yang di lakukan ini oleh Bawaslu RI sampai dengan jajaran Bawaslu kabupaten/kota se-Indonesia dalam rangka mengawasi tahapan kampanye pemilu 2024.

Untuk itu, Bawaslu Aru bersama jajaran Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Aru, siap melakukan pengawasan kampanye di wilayah kabupaten dan kecamatan serta desa untuk memastikan kampanye dan pemasangan alat peraga kampanye sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Bawaslu Aru Bersama jajaran Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu kelurahan/desa siap menerima laporan dan menindaklanjuti temuan di lapangan.(S-11)