AMBON, Siwalimanews –  Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Maluku Rovik Akbar Afifuddin, memastikan penyaluran bantuan langsung tunai bahan bakar minyak di Maluku sudah mencapai 92 persen.

Penyaluran bantuan ini berdasarkan arahan Kementerian Sosial dilakukan melalui PT Pos dan untuk Maluku, penyalurannya dilakukan melalui dua kantor cabang pembantu yakni KCP Tual untuk lima kabupaten/kota sedangkan KCP Ambon untuk enam kabupaten/kota.

KCP Tual melayani 39.092 penerima yang tersebar di Kabupaten Maluku Barat Daya, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kabupaten Maluku Tenggara, Kota Tual dan Kabupaten Aru.

Sementara KCP Ambon melayani 84.630 penerima yang tersebar di Kabupaten Maluku Tengah, Kota Ambon, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan.

“Untuk KCP Kota Ambon pencairannya sudah 92 persen, sedangkan KCP Tual 72 persen,” urai Rovik kepada wartawan di ruang Komisi IV DPRD Maluku, Selasa (4/10).

Baca Juga: Mahasiswa Minta Pemprov Batalkan Kontrak dengan PT BPT

Menurutnya, presentasi pencairan di KCP Tual baru 72 persen, disebabkan data yang masuk masih bersifat parsial, dan akan rampung pada beberapa hari kedepan walaupun penyalurannya tidak akan mencapai seratus persen, karena persoalan data ganda.

Untuk mempercepat penyalurannya, maka pihak PT Pos diminta untuk menggunakan sarana pemerintahan yang ada, baik ditingkat kelurahan maupun desa, agar masyarakat tidak perlu mengantri di Kantor Pos.

“Saya minta masyarakat yang telah mendapatkan undangan pengambilan BLT agar segera ambil, sehingga target akhir penyelesaian penyaluran ditanggal 14 Oktober mendatang dapat tercapai,” pinta Rovik.(S-20)