AMBON, Siwalimanews – Anggota Komisi VI DPR dari Fraksi Gerindra Hendrik Lewerissa mendukung penuh upaya adanya penambahan kursi anggota legislatif di DPR dari dapil Maluku pada Pileg yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024.

Dukungan ini diungkapkan Lewerissa saat mengikuti kegiatan ramah tamah dengan pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Maluku yang dihadiri seluruh anggota DPR dan DPD RI, di Jakarta, Senin (30/1) malam.

Dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Selasa (31/1), Lewerissa mengaku, tidak mudah untuk memperjuangkan kepentingan Maluku di pusat jika hanya mengandalkan empat wakilnya, sementara di DPR terdapar 11 komisi dan sekian banyak alat kelengkapan dewan, bila dibandingkan dengan daerah lain.

“Jadi upaya untuk memperjuangkan penambahan kursi DPR merupakan langkah politik dari teman-teman DPRD Maluku kami anggap sebagai hal positif dan patut mendapatkan dukungan penuh,” ujar Lewerissa.

Alasan yang diajukannya penambahan kursi oleh DPRD Provinsi Maluku kata Lewerissa, sangat rasional dan dapat diterima, sebab penduduk Provinsi Maluku ikut bertambah jika dibandingkan dengan tahun 2019 lalu yang mencapai 1,8 juta penduduk.

Baca Juga: Empat Tersangka Korupsi di RSUD Ditahan

“Tinggal diperjuangkan ke lembaga yang memiliki kewenangan untuk menetapkan jumlah kursi dan dapil yaitu KPU, tetapi perjuangan ini harus disambut secara positif,” ucap Lewerissa.

Meskipun perwakilan Maluku di DPR dan DPD hanya delapan orang, namun menurut Lewerissa, semuanya sangat kompak, sebab tanpa kekompakan tidak mungkin dapat memperjuangkan kepentingan Maluku di hadapan pemerintah pusat.

“Kami hanya 8 orang, tetapi kami sangat kompak dalam memperjuangkan kepentingan Maluku. Kenapa sangat kompak, karena kita tahu diri benar bahwa kita sangat sedikit dan kalau tidak kompak, maka tidak bisa memperjuangkan kepentingan Maluku,” ujar Lewerissa.(S-20)